Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Pinjaman > Jenis Kredit Dan Pembiayaan > Kredit Tanpa Jaminan > Tenang Mengajukan Kredit Elektronik Berkat Perusahaan Pembiayaan

Share

TENANG MENGAJUKAN KREDIT ELEKTRONIK BERKAT PERUSAHAAN PEMBIAYAAN

 Artikel: Kamis, 24 Maret 2022



Selain bangunan rumah, barang elektronik juga merupakan kebutuhan hidup. Dalam hal ini, banyak sekali barang elektronik yang bermanfaat untuk membantu pekerjaan domestik atau membuat Sobat lebih nyaman untuk tinggal di rumah. Membeli barang elektronik dapat dilakukan secara tunai atau kredit (cicilan). Apakah kredit barang elektronik diperbolehkan? Kredit barang elektronik boleh saja dilakukan, namun pastikan barang tersebut merupakan kebutuhan dan bukan karena keinginan serta jangan lupa mampu untuk Sobat lunasi.

Tentunya membeli barang secara tunai dan kredit masing-masing memiliki manfaat dan risiko. Membeli barang secara tunai relatif lebih hemat, namun Sobat harus memiliki uang yang mencukupi untuk barang yang hendak dibeli. Sedangkan, membeli barang secara kredit akan bermanfaat jika dana yang Sobat miliki terbatas dan tidak bisa menabung lebih lama untuk membeli barang tersebut. Namun, membeli barang secara kredit dapat memiliki risiko diantaranya adalah perlu membayar bunga bersama cicilan pokok, membayar denda jika terlambat membayar cicilan, dan barang diambil kembali oleh perusahaan pembiayaan jika Sobat mengalami gagal bayar. Untuk itu, Sobat perlu bijak dalam mengajukan fasilitas kredit atau pembiayaan barang elektronik. Sobat perlu memahami kemampuan Sobat dalam membayar cicilan pokok beserta bunga yang dibebankan atas pembelian barang elektronik tersebut.

Bagaimana cara perhitungan bunga pada perusahaan pembiayaan? Perhitungan bunga dilakukan berdasarkan jenis bunga yang diterapkan. Setiap perusahaan pembiayaan menetapkan jenis bunga yang berbeda. Adapun, contoh bunga pada produk pembiayaan adalah bunga flat dan bunga efektif. Bunga flat, menerapkan besaran bunga berdasarkan pokok utang yang harus dibayar, sehingga nilai cicilan yang dibayarkan untuk setiap periode pembayaran selalu sama. Sedangkan, bunga efektif menerapkan besaran bunga berdasarkan sisa pokok utang, jadi porsi bunga dan cicilan pokok yang dibayarkan setiap periode dapat berbeda, namun besar angsuran per bulan tetap sama. Selain jenis bunga Sobat juga perlu memperhatikan fitur produk pembiayaan lainnya, seperti tenor atau periode angsuran dan uang muka. Selain itu, ketentuan pembayaran seperti nilai denda, penalti atau akuisisi barang jika terjadi gagal bayar juga harus Sobat pahami.

Dalam mengajukan kredit atau pembiayaan penting sekali memperhatikan kemampuan bayar, agar cicilan tidak membuat Sobat resah. Berikut adalah beberapa tips dalam mengajukan kredit atau pembiayaan:

  •     Jangan impulsif, lakukan kredit untuk memenuhi kebutuhan bukan keinginan. Jangan lupa buat perbandingan mengenai pembelian secara tunai dan juga kredit.
  •      Kumpulkan uang muka jika diperlukan. Uang muka dapat meringankan jumlah cicilan yang perlu Sobat bayarkan.
  • Pahami kemampuan bayar Sobat, pastikan besar cicilan setiap bulan tidak lebih dari 30% pendapatan perbulan, sehingga arus keuangan Sobat tidak terganggu.
  • Sisihkan pos keuangan khusus untuk bayar cicilan, agar Sobat dapat membayar cicilan secara konsisten. Sobat juga dapat memanfaatkan fitur autodebet untuk memudahkan pembayaran cicilan secara rutin. 


Lalu bagaimana cara memanfaatkan pembiayaan elektronik dari perusahaan pembiayaan? Untuk mengajukan pembiayaan tersebut, Sobat dapat mendatangi perusahaan pembiayaan melalui kantor cabang atau situs resmi. Sobat juga bisa mengajukan pembiayaan elektronik dengan cara mengunjungi toko mitra atau e-commerce yang telah bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan. Berikut adalah beberapa langkah memanfaatkan produk pembiayaan:

  •      Pastikan perusahaan pembiayaan terdaftar dan berizin dari OJK;
  • Memilih barang dan mempelajari surat perjanjian serta ketentuan pembiayaan;
  • Mengisi formulir dan melakukan analisa kelayakan pembiayaan;
  • Membayar uang muka dan menerima bukti pembelian barang; dan
  • Melunasi cicilan secara konsisten.


Begitulah penjelasan mengenai pembiayaan elektronik melalui perusahaan pembiayaan, mudah sekali. Namun, jangan sampai hal ini membuat Sobat menjadi konsumtif, pastikan menggunakan pembiayaan untuk kebutuhan yang bermanfaat bagi Sobat!

 

Referensi

https://www.cermati.com/artikel/bunga-kredit-jenis-dan-cara-perhitungannya

Modul Pembiayaan LMS Edukasi Keuangan Level Basic

Materi Webinar Training of Trainers Sesi Perusahaan Pembiayaan, 2022

Rating

Senang
14%
Puas
14%
Menginspirasi
71%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Hati-hati Developer Rumah Bodong, Ini Tips Amannya!
Baca selengkapnya >>
DOMPET AMAN, HATI TENANG DENGAN GADAI SYARIAH
Baca selengkapnya >>
Nyicil Rumah Nggak Perlu Takut, Asal Perhatikan Hal-Hal Berikut
Baca selengkapnya >>
Ingin Punya Rumah atau Apartemen? KPR Syariah Bisa Jadi Salah Satu Solusi!
Baca selengkapnya >>
Syarat Memiliki Kartu Kredit Menurut Ketentuan Bank Indonesia
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Kenali Manfaat Tabungan dan Gadai Emas
Baca selengkapnya >>
Tips Keuangan Sehat Saat Belanja Lebaran
Baca selengkapnya >>
Pilih Apartemen atau Rumah? Yuk Kenali Pilihan KPA dan KPR
Baca selengkapnya >>
Tenang Mengajukan Kredit Elektronik Berkat Perusahaan Pembiayaan
Baca selengkapnya >>
Kenali Fitur Meminjamkan Uang dalam Fintech Peer to Peer Lending
Baca selengkapnya >>