Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Proteksi > Jenis Asuransi > Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance) > Bagaimana Sih Cara Membeli Polis Asuransi?

Share

BAGAIMANA SIH CARA MEMBELI POLIS ASURANSI?

Artikel: Kamis, 31 Maret 2022


Risiko terjadi secara tidak terduga dan dapat menimbulkan kerugian finansial. Misalnya, Sobat terkena demam berdarah dan harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Hal ini terjadi secara mendadak dan membutuhkan biaya pengobatan, sehingga dana darurat atau tabungan perlu dikorbankan. Tentunya sayang sekali jika uang yang kita tabung untuk membeli sesuatu justru digunakan karena terjadinya suatu risiko. Oleh karena itu, kita perlu melakukan manajemen risiko agar kerugian finansial dapat dimitagasi.

Dalam perencanaan keuangan, Sobat dapat melakukan manajemen risiko dengan membeli produk asuransi. Sobat perlu membayarkan sejumlah premi untuk dapat mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi, sehingga risiko kerugian finansial akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Misalnya, jika Sobat membeli polis asuransi kesehatan, maka Sobat dapat mengajukan klaim atas biaya berobat dan rawat inap kepada perusahaan asuransi, sehingga tidak perlu mengorbankan tabungan atau dana darurat.

Lalu, bagaimana cara membeli polis asuransi? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis asuransi. Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Sobat ingin mitigasi risiko sakit, maka Sobat perlu membeli asuransi kesehatan. Namun, jika Sobat ingin mitigasi risiko kematian dan melindungi keluarga yang Sobat nafkahi, maka Sobat dapat memilih asuransi jiwa. Pastikan Sobat membeli produk asuransi dari agen resmi perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selanjutnya, adalah mempelajari produk dan isi polis asuransi. Polis Asuransi adalah surat kontrak/perjanjian sebagai bukti pengalihan risiko dari tertanggung kepada perusahaan asuransi. Ketika membeli produk asuransi, Sobat memiliki waktu untuk mempelajari isi polis asuransi. Berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan ketika membaca polis asuransi:

1.       Data diri pemegang asuransi dan tertanggung asuransi;

2.       Manfaat asuransi dan risiko yang dikecualikan;

3.       Ketentuan pembayaran premi dan tata cara klaim;

4.       Biaya dan ilustrasi nilai asuransi; serta

5.       Hak dan kewajiban beserta ketentuan lainnya.

Pastikan Sobat memahami klausa pengecualian, jangan sampai Sobat mengalami gagal klaim karena tidak memahami isi klausa pengecualian. Setelah memahami produk yang ditawarkan, Sobat dapat mulai melengkapi data dan mengisi formulir asuransi. Untuk selanjutnya, perusahaan asuransi akan melakukan survei risiko. Misalnya, dalam hal Sobat membeli asuransi kesehatan akan dilakukan medical check up, sedangkan untuk asuransi rumah, perusahaan akan melakukan pengecekan kondisi dan lokasi rumah.

Setelah hasil penilaian risiko dilakukan, Sobat akan mendapatkan ilustrasi perhitungan nilai asuransi dan premi yang harus dibayarkan. Pastikan Sobat memahami juga biaya dan ilustrasi nilai asuransi, misalnya dalam ilustrasi unit link, Sobat perlu memahami risiko penurunan nilai asuransi. Jika Sobat tidak paham, Sobat harus bertanya kepada agen asuransi yang menawarkan produk tersebut. Setelah memahami, Sobat perlu membayar premi dan melakukan konfirmasi pembayaran premi. Untuk selanjutnya, perusahaan asuransi akan menyampaikan polis asuransi untuk Sobat simpan. Apabila Sobat mengalami risiko yang dijaminkan dalam polis asuransi, maka Sobat dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi dengan mengisi formulir klaim dan membawa dokumen yang dipersyaratkan.

Itulah penjelasan mengenai cara membeli polis asuransi, yuk mulai membeli asuransi untuk melindungi diri dan keluarga.

Sumber:

Buku Saku Literasi Keuangan bagi Calon Pengantin melalui bit.ly/BukuCalonPengantin

https://lifepal.co.id/media/polis-asuransi-jiwa-3/

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Asuransi Syariah
Baca selengkapnya >>
Penting! Pahami Jenis-Jenis Risiko Keuangan dan Solusinya
Baca selengkapnya >>
Yuk, Simak Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui!
Baca selengkapnya >>
Asuransi Pertanian Sejahterakan Petani Kini dan Nanti
Baca selengkapnya >>
Masa Pensiun Cerah Bersama Dana Pensiun Syariah
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Bagaimana Sih Cara Membeli Polis Asuransi?
Baca selengkapnya >>
Manfaatkan Asuransi Kredit, Supaya Kredit Sobat Lebih Aman dan Tenang
Baca selengkapnya >>
Aman Berkendara dengan Asuransi Kendaraan
Baca selengkapnya >>
Mendapat Tawaran Produk Asuransi? Jangan Langsung Tergiur, Yuk Pastikan Sobat Memahami Informasi Produk Asuransi dengan Jelas
Baca selengkapnya >>
Tenang dan Senang di Masa Tua Berkat Program Pensiun
Baca selengkapnya >>