Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Produk Keuangan Ini Bisa Bantu Sobat Siapkan Dana Haji

Share

PRODUK KEUANGAN INI BISA BANTU SOBAT SIAPKAN DANA HAJI

Artikel: Kamis, 7 Juli 2022 



Menunaikan ibadah haji bagi umat Islam yang mampu untuk menjalankannya merupakan salah satu Rukun Islam. Istilah ‘mampu’ merujuk bahwa ibadah haji membutuhkan persiapan baik dari segi waktu, fisik, dan tentunya adalah finansial.  Biaya perjalanan ibadah haji reguler tahun 2022 berkisar Rp39 juta sampai Rp43 juta. Nilai ini dapat berbeda untuk setiap daerah keberangkatan/embarkasi. Kali ini Kita bahas mengenai persiapan ibadah haji dari segi finansial Yuk.

Menghitung Kebutuhan Dana

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjadikan ibadah haji sebagai tujuan keuangan. Dengan membuat tujuan keuangan, perencanaan keuangan akan lebih terarah. Sobat juga perlu menentukan target biaya dan waktu pelaksanaan ibadah haji. Pilih paket haji yang sesuai dengan kemampuan finansial, untuk informasi paket haji yang tersedia Sobat dapat mencari tahu informasi tersebut melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama terdekat.

Mengumpulkan Biaya Pendaftaran Haji

Ibadah haji perlu dipersiapkan jauh hari karena memerlukan biaya yang tidak sedikit dan adanya antrean keberangkatan haji. Semakin lama Sobat mendaftar haji dengan paket reguler, maka nomor antrean yang didapatkan akan semakin besar. Misalnya Sobat mendaftar haji ketika usia 30 tahun, dan mendapat estimasi waktu tunggu selama dua puluh tahun. Artinya Sobat diestimasikan akan berangkat haji saat berusia 50 tahun. Untuk itu akan lebih baik jika Sobat mendaftar haji lebih awal.

Untuk bisa mendapatkan nomor antrean haji, Sobat harus mendaftarkan dan menyetorkan dana awal ke Kementerian Agama. Umumnya dana awal yang harus dibayarkan untuk pendaftaran haji reguler adalah Rp25 juta. Untuk membantu mengumpulkan biaya pendaftaran haji, Sobat dapat memanfaatkan produk keuangan seperti tabungan haji dari perbankan atau program pembiayaan haji dari lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin OJK.

Tabungan haji merupakan program tabungan atau simpanan yang ditujukan untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Tabungan haji memiliki beberapa manfaat seperti membangun konsistensi menabung sejumlah dana tertentu secara rutin sampai jangka waktu yang telah ditentukan. Selain itu dana akan disimpan di rekening, sehingga lebih aman dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dan yang terpenting adalah terdaftar di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama RI sehingga Sobat sudah bisa mendaftar untuk mendapat nomor antrean (porsi) haji jika jumlah tabungan sudah mencukupi biaya pendaftaran.

Pembiayaan haji artinya Sobat mengajukan pinjaman dana untuk mendaftar haji sehingga bisa mendapatkan porsi ibadah haji. Pembiayaan haji dengan agunan dapat dimanfaatkan melalui Kredit Multiguna Bank, sedangkan pembiayaan tanpa agunan dapat dimanfaatkan melalui perusahaan pembiayaan. Adapula pembiayaan dari pergadaian dengan agunan berupa emas.

Selain memanfaatkan produk tabungan dan pembiayaan, Sobat juga dapat menempatkan sejumlah uang pada produk investasi lainnya untuk mendapatkan keuntungan. Selanjutnya, apabila dana dan keuntungan yang terkumpul mencukupi biaya pendaftaran haji segera mendaftarkan diri ke Kementerian Agama.

Lunasi Biaya Haji

Perjalanan mengumpulkan dana haji tidak berhenti ketika Sobat telah mendaftar haji dan mendapat nomor porsi haji, setelah itu Sobat masih perlu melunasi biaya haji sesuai dengan paket haji yang Sobat pilih. Biaya yang perlu dibayarkan adalah selisih antara biaya embarkasi haji dengan biaya yang telah disetorkan pada saat mendaftar haji. Sobat memiliki waktu untuk melunasi biaya ini sampai dengan waktu keberangkatan haji. Artinya jika Sobat mendapat estimasi selama 20 tahun, Sobat memiliki waktu 20 tahun untuk melunasi biaya perjalanan haji yang tersisa.

Itulah tips mempersiapkan keuangan Sobat untuk menunaikan ibadah haji. Hal yang terpenting Sobat perlu konsisten menyisihkan uang untuk menabung dan mencicil dana haji agar tercapai sesuai target. Yuk siapkan sejak dini.

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mengenal Jenis-jenis Suku Bunga Bank
Baca selengkapnya >>
Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Yuk! Ketahui Perkembangan Layanan Perbankan di Era Serba Digital
Baca selengkapnya >>
Cara Menghitung Bunga Deposito
Baca selengkapnya >>
Menabung Simpel Untuk Pelajar
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Saatnya Belajar Literasi Keuangan Digital
Baca selengkapnya >>
Produk Keuangan Ini Bisa Bantu Sobat Siapkan Dana Haji
Baca selengkapnya >>
Bertransaksi dan Menabung Lebih Mudah Berkat Layanan Bank
Baca selengkapnya >>
Pakai Giro untuk Transaksi Keuangan yang Cepat dan Aman
Baca selengkapnya >>
Cari Cuan dari Deposito Bank, Aman dan Terjamin
Baca selengkapnya >>