Kontak | Indonesia | English | Masuk
  • Menu
  • KEUANGANKU ▾
  • SIMPANAN ▾
  • INVESTASI ▾
  • PINJAMAN ▾
  • PROTEKSI ▾
  • MATERI & ALAT ▾
  • KEGIATAN ▾
  • BERITA
  • DATA LINK

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Saham > Buka Rekening Saham Semakin Mudah, Yuk Cari Tahu Caranya

Share

BUKA REKENING SAHAM SEMAKIN MUDAH, YUK CARI TAHU CARANYA

Artikel: Kamis, 14 Juli 2022


Hai Sobat sudahkah Sobat mulai berinvestasi? Eits jangan asal berinvestasi pada instrumen yang tidak jelas. Sobat bisa memulai investasi pada aset keuangan, salah satunya adalah saham. Untuk mulai berinvestasi saham Sobat perlu membuka rekening saham.

Membuka rekening saham dapat dilakukan melalui perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang memiliki izin dari OJK untuk melakukan jual beli efek berupa saham. Saat ini membuka rekening saham di perusahaan sekuritas dapat dilakukan dengan mendatangi kantor sekuritas atau secara online melalui website dan platform online trading milik perusahaan sekuritas. Sama seperti memilih bank untuk menabung, jika Sobat ingin berinvestasi saham Sobat juga perlu mencari tahu perusahaan sekuritas atau platfom online trading yang sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Pertama adalah legalitas dari perusahaan sekuritas atau platform online trading. Saat ini platform online trading melakukan diversifikasi produk, dimana platform tersebut tidak hanya menjual saham, namun juga reksa dana, obligasi, emas, bahkan kripto. Untuk itu Sobat perlu mengecek legalitas berdasarkan produk yang Sobat pilih. Kali ini kita akan fokus membahas saham, perusahaan sekuritas harus memiliki izin dari OJK dan Bursa Efek Indonesia. Beberapa izin yang perlu dimiliki diantaranya adalah Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE).

Pertimbangan kedua adalah reputasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki reputasi yang baik. Reputasi dapat dilihat dari analis yang kompeten dan tidak pernah melakukan pelanggaran. Hal ini penting untuk memastikan dana yang Sobat investasikan dikelola oleh pihak yang tepat.

Pertimbangan ketiga adalah fasilitas/layanan yang ditawarkan seperti proses transaksi, materi edukasi, rekomendasi dan analisis market update. Tentunya Sobat perlu memilih perusahaan yang menawarkan fasilitas/layanan yang dapat mempermudah Sobat dalam berinvestasi.

Keempat adalah biaya transaksi, pilihlah perusahaan yang menawarkan banyak fasilitas dengan biaya terendah. Jika sudah paham perusahaan atau platform yang akan Sobat pilih yuk ikuti cara mendaftar rekening saham:

1.       Mengisi formulir pembukaan secara lengkap.

Terdapat dua formulir pembukaan yang perlu dilengkapi, yang pertama Sobat perlu membuka rekening saham yaitu rekening di perusahaan sekuritas dan juga akan digunakan sebagai data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Yang kedua, Rekening Dana Nasabah (RDN) yaitu rekening atas nama nasabah untuk transaksi jual beli saham atau instrumen investasi lain di pasar modal. Beberapa sekuritas menyebut RDN sebagai Rekening Dana Investasi (RDI)

2.       Menyampaikan kelengkapan dokumen seperti KTP, NPWP (bila ada), bukti kepemilikan rekening tabungan. Sobat juga perlu menyiapkan minimal 2 meterai Rp10.000, jika pembukaan secara online, saldo rekening Sobat akan terpotong secara otomatis.

3.       Menerima nomor SID (Single Investor Identification) dan nomor RDN. SID merupakan identitas Sobat dalam berinvestasi, layaknya KTP Sobat hanya akan memiliki satu SID.

4.       Setelah punya RDN Sobat harus mengisi rekening tersebut untuk membeli saham. Nominal minimal untuk deposit awal berbeda pada setiap perusahaan sekuritas. Saat ini deposit minimal dapat dimulai dari Rp100.000

Saat ini membuka rekening saham hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk verifikasi. Mudah bukan? Itulah penjelasan mengenai cara membuka rekening saham, yuk buka rekening saham dan mulai berinvestasi!

Referensi:

Modul Pasar Modal Learning Management System Edukasi Keuangan Level Intermediate

Rating

Senang
22%
Puas
11%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
67%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
KATA SIAPA BUKA REKENING SAHAM ITU SUSAH? BACA ARTIKEL BERIKUT INI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT!
Baca selengkapnya >>
Perusahaan Go Public? Simak Manfaatnya!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Buka Rekening Saham Semakin Mudah, Yuk Cari Tahu Caranya
Baca selengkapnya >>
Apa Perbedaan Obligasi Korporat dan Obligasi Pemerintah?
Baca selengkapnya >>
Investasi Sambil Mencari berkah Ramadhan melalui Wakaf Sukuk
Baca selengkapnya >>
Investasi Aman, Dikelola oleh Manajer Investasi
Baca selengkapnya >>
Apa sih Beda Penghimpunan Dana di SCF dan Pasar Modal? Yuk Kenali Pilihan Pendanaan Usaha Sobat
Baca selengkapnya >>