Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Generasi Muda Sehat Finansial? Bisa!

Share

GENERASI MUDA SEHAT FINANSIAL? BISA!

Artikel: Kamis, 27 Oktober 2022


SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA, PARA PEMUDA PEMUDI INDONESIA! Apakah Sobat Sikapi tahu bahwa generasi muda Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia? Berdasarkan data BPS tahun 2021, diketahui seperempat dari penduduk Indonesia merupakan generasi muda dengan usia 15 sampai 30 tahun. Berdasarkan jumlah tersebut, tentu tidak terelakkan bahwa generasi muda pun menjadi titik tumpu kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Untuk itu penting sekali membekali generasi muda dengan literasi keuangan. Tapi bagaimana sih perilaku keuangan generasi muda Indonesia? Yuk simak ringkasan beberapa studi mengenai kehidupan finansial generasi muda saat ini:

    Menurut studi OCBC Financial Index & Nielsen IQ tahun 2021 hanya sekitar 16% penduduk Indonesia yang memiliki dana darurat. Artinya masih banyak generasi muda yang belum mampu menyisihkan pendapatannya untuk menjadi dana darurat, padahal dana darurat itu sangat penting sekali. Studi lainnya dari Deloitte tahun 2022 menemukan bahwa hampir setengah dari Gen Z (46%) dan milenial (47%) di dunia membiayai kebutuhan hidup dari uang gaji dan khawatir mereka tidak akan mampu menutupi pengeluaran mereka. Studi yang sama menemukan bahwa lebih dari seperempat Gen Z (26%) dan milenial (31%) di dunia tidak yakin dapat pensiun dengan nyaman. Artinya keuangan generasi muda saat ini lebih banyak digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup saat ini dan belum disisihkan untuk kebutuhan di masa depan. Wah seram sekali dong?

    Dilihat dari fakta-fakta tersebut, situasi finansial yang dihadapi generasi muda jauh lebih menantang daripada yang dihadapi generasi sebelumnya. Apabila tidak diperbaiki, hal ini bisa menjadi beban keuangan bagi generasi muda. Untuk itu generasi muda perlu memperbaiki perilaku keuangannya dengan melakukan “diet” keuangan. “Diet” keuangan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengelola keuangan yang sehat, lho! Caranya pun cukup sederhana, yuk simak resep “diet” keuangan ala Sikapiuangmu:

      Buat rencana keuangan

      Rencanakan pengeluaran sesuai dengan gaji pokok/pemasukan utama bulanan. Sobat hanya perlu lebih sadar tentang bagaimana Sobat membelanjakan anggaran yang ada. Waktu terbaik untuk membatasi pengeluaran Sobat, yaitu dengan menentukan tujuan keuangan tertentu dalam jangka pendek, misalnya melunasi utang, menabung untuk liburan, atau mengalokasikan sebagian pendapatan untuk kebutuhan jangka panjang seperti investasi dan dana pensiun. Jangan lupa sisihkan pendapatan yang dimiliki ya untuk setiap pos keuangan.

        Pertimbangkan sebelum membeli sesuatu

        Sebelum membeli sesuatu, pastikan Sobat memang membutuhkannya bukan dilandaskan dengan keinginan sesaat (impulsif). Sobat perlu memiliki alasan yang jelas dari setiap pembelian yang Sobat lakukan. Pastikan Sobat menggunakan uang pada barang atau kegiatan yang sesuai kebutuhan dan utamakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bukan untuk melengkapi gaya hidup.

          Evaluasi rencana keuangan dan lakukan penyesuaian

          Pastikan tujuannya adalah untuk sesuatu yang praktis dan berkelanjutan, sehingga Sobat dapat mengurangi beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu setelah Sobat menetapkan beberapa kebiasaan baik.

          Selain hal-hal tersebut, tahukah Sobat bahwa generasi muda mungkin sering bingung tentang apa yang harus dilakukan dengan uang yang dimilikinya. Padahal, saat ini sudah ada beberapa program/produk keuangan yang ditujukan untuk generasi muda. Pernahkah Sobat mendengar tentang SiMUDA?

          Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMUDA) merupakan produk tabungan yang diluncurkan oleh OJK dan Perbankan pada tahun 2018 untuk memperkenalkan rekening tabungan kepada orang dewasa muda berusia 18–30 tahun yang dikemas dengan produk investasi. Kehadiran SiMUDA menawarkan akses keuangan dengan fitur menarik dan harga yang terjangkau untuk digunakan oleh generasi muda dalam merencanakan masa depan. Berikut beberapa program SiMUDA yang bisa Sobat gunakan:

          1.     SiMUDA InvestasiKu

          SiMuda InvestasiKu adalah program tabungan dengan pilihan rutin berinvestasi di reksa dana yang tentunya terjamin dan diasuransikan. Setoran awalnya sangat ringan mulai dari Rp 100.000 dan setoran selanjutnya berbeda-beda pada tiap bank.

          2.     SiMUDA EmasKu

          SiMUDA EmasKu menggunakan skema pembiayaan kepemilikan emas berdasarkan akad murabahah (jual beli) dengan setoran rutin bulanannya minimal Rp50.000.

          3.     SiMUDA RumahKu

          Setoran rutin bulanan yang rendah mulai dari Rp100.000 tanpa biaya administrasi dapat sangat bermanfaat untuk mengangsur uang muka Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sehingga membantu Sobat yang ingin memiliki properti impian di masa depan.

          Dalam menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, tentu penting untuk setiap calon konsumen memperhatikan karakteristiknya, terlebih dahulu ya! Perhatikan manfaat, biaya, dan risiko atas produk dan layanan jasa keuangan; hak dan kewajiban konsumen; cara mengakses produk dan layanan jasa keuangan; serta informasi terkait dengan mekanisme transaksi produk dan/atau layanan jasa keuangan.

          Untuk membantu Sobat dalam menciptakan dan mempertahankan finansial yang sehat, mari mulai mengatur anggaran dan memanfaatkan produk keuangan dari perusahaan yang telah terdaftar dan berizin OJK ya!

           

          References

          Sari, O. I. (2021, August 19). Riset: 85% Milenial Indonesia Belum Sehat Kondisi Keuangannya. Retrieved from https://katadata.co.id/intannirmala/finansial/611f192879703/riset-85-milenial-indonesia-belum-sehat-kondisi-keuangannya

          2021. FINANCIAL FITNESS INDEX 2021. [ebook] OCBC NISP. Retrieved from https://ruangmenyala.com/financialfitnesscentre/detail/ocbc-nisp-financial-fitness-index-2021

          2022. THE DELOITTE GLOBAL 2022 GEN Z & MILLENNIAL SURVEY. [ebook] Deloitte. Retrieved from https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/at/Documents/human-capital/at-gen-z-millennial-survey-2022.pdf


          Rating

          Senang
          21%
          Puas
          0%
          Menginspirasi
          6%
          Tidak Peduli
          73%

          Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

          Selengkapnya >>

          v

          Tips Terpopuler

          YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
          Baca selengkapnya >>
          NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
          Baca selengkapnya >>
          Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
          Baca selengkapnya >>
          Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
          Baca selengkapnya >>
          Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
          Baca selengkapnya >>

          Tips Terbaru

          Merdeka Belajar Keuangan Bersama LMS Edukasi Keuangan
          Baca selengkapnya >>
          Dana Darurat: Mengenal Instrumen Keuangan yang Tepat
          Baca selengkapnya >>
          Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
          Baca selengkapnya >>
          Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
          Baca selengkapnya >>
          Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
          Baca selengkapnya >>