Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Obligasi Korporasi > Investasi Pakai SBR? Imbal Hasil Menarik, Aman, dan Mudah

Share

INVESTASI PAKAI SBR? IMBAL HASIL MENARIK, AMAN, DAN MUDAH

Artikel: Kamis, 2 Februari 2023



Hai Sobat Sikapi! Pemerintah kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk memulai awal tahun 2023 ini dengan berinvestasi untuk kesehatan finansial. Salah satu produk yang bisa Sobat manfaatkan adalah Savings Bond Ritel (SBR). SBR adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan Pemerintah untuk individu Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. SBR merupakan salah satu bentuk Obligasi Pemerintah, dan memiliki risiko moderat dimana risiko nya lebih tinggi daripada deposito namun lebih rendah daripada saham. Berinvestasi di SBR relatif aman, karena pembayaran pokok dan kuponnya dijamin oleh negara. Setiap WNI yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa menjadi investor SBR dengan minimum pembelian sebesar Rp1 juta, terjangkau kan?


Jika berinvestasi di SBR, Sobat akan mendapatkan imbal hasil berupa kupon yang dibayarkan setiap bulan. Kupon SBR bersifat mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) dan mengacu pada BI- 7DRR yang akan disesuaikan setiap 3 (tiga) bulan pada tanggal penyesuaian kupon. Selain kupon masih ada beberapa keuntungan berinvestasi di SBR. Yuk kita simak bersama:

·       Pembayaran pokok dan kuponnya dijamin penuh oleh negara, sehingga bebas risiko gagal bayar.

·       Tingkat imbal hasil berupa kupon yang kompetitif dan dibayar setiap bulan. Kupon ini lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.

·       Transaksi pembelian mudah karena melalui sistem elektronik (online) dari berbagai pilihan mitra distribusi.

·       Mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Selain manfaat, Sobat juga perlu mengetahui risiko dari SBR yaitu risiko likuiditas (liquidity risk). SBR memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan/dialihkan, sehingga jika Sobat membutuhkan dana tunai Sobat tidak dapat menjual seluruh SBR sebelum jatuh tempo. Namun demikian, investor yang ingin mencairkan sebagian dana SBR sebelum jatuh tempo dapat memanfaatkan fasilitas early redemption. Early redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor untuk mencairkan sebagian pokok investasi pada SBR sebelum jatuh tempo. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan SBR sebesar Rp2 juta di setiap mitra distribusi, dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption adalah 50% dari pemesanan SBR.

Nah sudah tahu kan manfaat dan risiko SBR? Sekarang saatnya membeli SBR. Saat ini transaksi pemesanan SBR semakin mudah berkat mitra distribusi yang terdiri dari Bank, Sekuritas, Fintech, dan Agen Penjual Reksa Dana (APERD). Pastikan Sobat memanfaatkan mitra distribusi dari lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin di OJK serta telah ditunjuk secara resmi oleh pemerintah sebagai mitra distribusi pada masa penawaran obligasi pemerintah. Supaya tidak bingung, simak tips memilih mitra distribusi berikut ini:

1.     Jika melakukan transaksi secara digital, pastikan melalui situs dan aplikasi resmi

2.     Pahami syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap mitra distribusi

3.     Perhatikan biaya (pembukaan rekening, transfer, meterai, dll) dan durasi verifikasi registrasi. Umumnya verifikasi membutuhkan waktu 2x24 jam, jadi pastikan mendaftar jauh hari ya Sobat!

4.     Manfaatkan potongan biaya, promo, dan cashback yang ditawarkan mitra distribusi

Setelah menentukan mitra distribusi yang dipilih, Sobat dapat melakukan transaksi pemesanan SBR dengan tahapan berikut:

1.     Registrasi melalui sistem elektronik mitra distribusi dengan memasukkan informasi mengenai Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga yang dimiliki. Calon investor yang belum memiliki SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, harus terlebih dahulu membuatnya melalui mitra distribusi. Pastikan Sobat membaca dan menyetujui syarat dan ketentuannya ya!

2.     Melakukan pemesanan melalui sistem elektronik mitra distribusi. Pemesanan yang telah terverifikasi (verified order) akan mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) via sistem elektronik mitra distribusi atau email. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.

3.     Pembayaran dilakukan melalui Bank Persepsi dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dengan batas waktu yang telah ditentukan (3 jam). Calon investor memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) & notifikasi completed order via sistem elektronik mitra distribusi dan email yang terdaftar.

4.     Menerima bukti konfirmasi pemesanan SBN ritel via sistem elektronik mitra distribusi dan email yang terdaftar.

Itulah penjelasan mengenai SBR, Sobat dapat membeli SBR pada masa penawaran yang telah ditentukan pemerintah. Jangan sampai kelewatan ya!

Referensi:

https://web.kemenkeu.go.id/media/19712/frequently-asked-question-sbr.pdf

Rating

Senang
41%
Puas
6%
Menginspirasi
53%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar Modal
Baca selengkapnya >>
INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG! YUK, BAGI INVESTOR PEMULA SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Rekomendasi Investasi 2024 untuk Sobat Cuan
Baca selengkapnya >>
Mengenal Reksa Dana Terproteksi: Mekanisme, Karakteristik, dan Risiko
Baca selengkapnya >>
Saham Blue Chip dan Saham Dividen, Dua Jenis Saham yang Cocok untuk Investor Konservatif
Baca selengkapnya >>
Investor Ritel vs Investor Institusional? Kenali Perbedaannya
Baca selengkapnya >>
Investasi Jangka Panjang Optimalkan Compound Interest
Baca selengkapnya >>