Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Pinjaman > Jenis Kredit Dan Pembiayaan > Kartu Kredit > Belanja dan Berlangganan Aplikasi Antar Negara Pakai Kartu Kredit Virtual

Share

BELANJA DAN BERLANGGANAN APLIKASI ANTAR NEGARA PAKAI KARTU KREDIT VIRTUAL

Artikel: Kamis, 23 Februari 2023



Pernahkah Sobat mengalami kendala untuk melakukan transaksi di e-commerce internasional? Atau kesulitan untuk membayar subscription aplikasi nonton dan musik favorit? Saat ini banyak sekali layanan transaksi belanja maupun jasa subscription aplikasi dan software yang bisa dinikmati dari berbagai negara. Untuk melakukan transaksi tersebut, Sobat biasanya memerlukan kartu kredit yang berlaku internasional seperti Visa atau MasterCard. Dahulu kartu kredit pasti berbentuk fisik, seiring perkembangan zaman kartu kredit sudah ada dalam bentuk virtual.

Kartu kredit virtual atau virtual credit card (VCC), merupakan salah satu alat pembayaran yang bisa digunakan konsumen untuk berbelanja secara domestik maupun internasional. Dengan memanfaatkan kartu kredit virtual kini belanja berbagai kebutuhan sehari-hari, membeli tiket pesawat, tiket hotel, hingga membayar platform streaming premium bulanan, bahkan berlangganan software dan aplikasi berbayar jadi lebih praktis. Kartu kredit virtual memiliki fungsi layaknya kartu kredit biasa, hanya saja tidak memiliki bentuk fisik dan dapat diajukan secara digital.

Cara menggunakan kartu kredit virtual yaitu dengan memasukkan 16 digit nomor Card Verification Value (CVV) sebelum melakukan transaksi. Nantinya, nomor itulah yang akan menjadi tanda otoritasi pembayaran dengan 3 digit terakhir sebagai kode CVV. Berbeda dengan kartu kredit fisik, CVV pada kartu kredit virtual bersifat sementara dimana nomor ini berlaku maksimal 24 jam. Adapun untuk mengajukan transaksi lain, pemilik kartu harus mengajukan kembali nomor transaksi melalui aplikasi. Seluruh proses ini bisa diajukan secara digital, tapi tidak bisa digunakan untuk bertransaksi secara langsung di toko fisik dengan mesin Electronic Data Capture (EDC). Kartu ini hanya dapat dipakai di toko virtual atau pihak ketiga yang menerima pembayaran online via kartu kredit. Ada juga loh penerbit kartu kredit virtual yang menyediakan transaksi lewat telepon dengan menyebutkan nomor kartu dan identitas yang diperlukan.

Meskipun tidak memiliki CVV yang permanen, kartu kredit virtual tetap memiliki informasi yang sama seperti kartu kredit fisik, di antaranya seperti nomor kartu, nama pemilik, tanggal kadaluarsa, tiga angka Card Verification Value (CVV) dan data-data lainnya. Data ini rahasia, harus dijaga ya!

Lalu apa saja kemudahan dan manfaat kartu kredit virtual? Yuk kita simak:

·       Bisa digunakan untuk transaksi e-commerce, subscription, dan transfer secara internasional

·       Proses pengajuan dan persetujuan praktis dan bisa dilakukan via aplikasi mobile.

·       Pengisian saldo bisa dilakukan dengan cara transfer rekening bank lokal, bank internasional, maupun transfer dari kartu kredit atau debit orang lain.

·       Setiap nomor transaksi memiliki batas kadaluarsa sehingga pengguna bisa lebih hemat dan menghindari belanja konsumtif.

·       Tidak perlu khawatir ketinggalan kartu kredit atau lupa taruh di mana asalkan bawa HP.

·       Lebih aman, karena tidak perlu mencantumkan nomor kartu dan terhindar dari carding  saat bertransaksi.

Banyak sekali kemudahan kartu kredit virtual, produk keuangan ini akan sangat cocok bagi Sobat Sikapi yang sering melakukan transaksi online atau internasional. Tapi Sobat perlu bijak dalam memanfaatkan produknya ya! Ingat setiap bentuk kredit adalah utang yang harus dilunasi jadi manfaatkan kartu kredit virtual secara bijak. Jangan lupa pahami fitur serta ketentuan dan biaya yang ditawarkan. Untuk membuat kartu kredit virtual, Sobat dapat mengajukan melalui bank pastikan memilih lembaga yang terdaftar dan berizin di OJK ya!

 

Referensi

https://www.cekaja.com/info/daftar-kartu-kredit-virtual-di-indonesia

https://www.banksinarmas.com/id/artikel/transaksi-pakai-kartu-kredit-visa-virtual

https://lifepal.co.id/media/layanan-kartu-kredit-virtual-vcc-dari-4-bank-di-indonesia-gak-perlu-ngutang-sob/

Rating

Senang
50%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
50%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mau Punya Kartu Kredit? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut
Baca selengkapnya >>
DOMPET AMAN, HATI TENANG DENGAN GADAI SYARIAH
Baca selengkapnya >>
Mengenal Lembaga Jasa Keuangan Khusus: PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)
Baca selengkapnya >>
Hati-hati Developer Rumah Bodong, Ini Tips Amannya!
Baca selengkapnya >>
Mengenal Kejahatan Carding dan Antisipasinya
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Pinjam Dana di Fintech? Kenali Layanan Pendanaan Produktif dan Konsumtif
Baca selengkapnya >>
Sobat, Begini Alur Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor
Baca selengkapnya >>
Sepele! Tapi Bisa Bikin Pengajuan Kredit/Pembiayaan Ditolak
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Resolusi Rumah Impian Melalui KPR
Baca selengkapnya >>
Apa itu Limit Kredit dalam Kartu Kredit dan Paylater?
Baca selengkapnya >>