Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Konsumen Cerdas? Harus Yakin dengan Produk Keuangan Pilihannya

Share

KONSUMEN CERDAS? HARUS YAKIN DENGAN PRODUK KEUANGAN PILIHANNYA

Artikel: Kamis, 16 Maret 2023



Pernahkah Sobat ragu untuk membeli suatu barang? Umumnya perasaan ragu atau tidak yakin muncul ketika kita tidak mengenali kualitas barang yang akan dibeli. Jadi supaya tidak ragu, Sobat perlu mengenali kualitas barang yang akan dibeli dan memastikan barang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dompet. Sama seperti membeli barang, agar yakin dalam memanfaatkan produk keuangan Sobat juga perlu mengenali kualitas produk pilihan Sobat. Berikut ini adalah tips untuk mengenali produk dan layanan jasa keuangan versi Sikapi:


1.       Pahami kebutuhan dan kemampuan keuangan.

Setiap orang memiliki kebutuhan dan kemampuan keuangan yang berbeda. Dalam hal ini produk yang cocok untuk Sobat, mungkin tidak cocok dengan orang lain. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli produk keuangan Sobat perlu memahami kebutuhan dan kemampuan keuangan Sobat ya.

2.       Pastikan legalitas produk dan layanan jasa keuangan terdaftar dan diawasi OJK.

Penting sekali memastikan legalitas perusahaan dan produk yang Sobat manfaatkan. Perusahaan dan produk keuangan yang terdaftar dan diawasi OJK telah menerapkan proses bisnis yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

3.       Cari tahu kinerja dan rekam jejak perusahaan jasa keuangan pilihan Sobat.

Setelah mengetahui legalitas perusahaan, Sobat perlu melihat rekam jejak dan kinerja perusahaan jasa keuangan pilihan Sobat. Sobat bisa mengeceknya melalui situs resmi maupun media masa yang akurat dan terpercaya. Jika ada berita buruk yang beredar di media sosial, cek terlebih dahulu kebenarannya melalui sumber yang akurat agar Sobat tidak termakan berita miring yang belum tentu benar. Dengan mengenali kinerjanya, Sobat tentu tidak akan ragu untuk memanfaatkan produk keuangan yang ditawarkan oleh perusahaan jasa keuangan.

4.       Pahami fitur, manfaat, risiko, hak dan kewajiban produk yang biasanya tertuang dalam Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) dan isi perjanjian produk keuangan.

Sekarang saatnya mengenali lebih dalam produk pilihan Sobat. Pahami fitur dan manfaatnya pastikan sesuai dengan kebutuhan Sobat, jangan lupa mempertimbangkan risiko dari produk yang ditawarkan. Untuk mendapatkan informasi ini Sobat dapat membaca RIPLAY dan isi perjanjian produk keuangan, ataupun bertanya langsung kepada petugas terkait.

5.       Ketahui layanan konsumen perusahaan jasa keuangan

Hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui layanan konsumen perusahaan jasa keuangan ketika Sobat membutuhkan bantuan atau menyampaikan pengaduan terkait produk dan layanannya. Selanjutnya, Sobat juga dapat mengakses layanan konsumen OJK melalui Kontak OJK 157 atau http://kontak157.ojk.go.id.

Jangan lupa, sebelum memutuskan untuk membeli produk atau layanan jasa keuangan Sobat juga wajib untuk memahami dokumen terkait. Berikut adalah beberapa dokumen yang perlu Sobat pahami:

·       Untuk seluruh sektor jasa keuangan Sobat perlu membaca Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) yaitu dokumen yang memuat karakteristik dan informasi penting atau utama mengenai produk dan/atau layanan jasa keuangan.

·       Pasar Modal biasanya Sobat perlu membaca Prospektus yaitu dokumen yang memuat penawaran umum efek serta profil produk.

·       Perasuransian biasanya Sobat perlu membaca Polis Asuransi yaitu surat perjanjian atau kontrak sebagai bukti pengalihan risiko dari tertanggung (peserta) kepada penanggung (perusahaan asuransi)

·       Bank, Perusahaan Pembiayaan, Pergadaian, Fintech Pendanaan Bersama biasanya Sobat perlu membaca Perjanjian Pinjaman/Kredit yaitu perjanjian pinjam-meminjam antara kreditur dan debitur umumnya dengan prinsip konvensional, atau Perjanjian Pendanaan untuk pendanaan dengan prinsip syariah.

·       Dana Pensiun biasanya Sobat perlu membaca perjanjian kerja sama, polis manfaat pensiun, dan dokumen lainnya disesuaikan jenis dana pensiun dan ketentuan perusahaan.

Itulah tips mengenali produk dan layanan jasa keuangan versi Sobat Sikapi, dengan terlebih dahulu mengenalinya, pastinya akan membuat Sobat lebih yakin dan tidak ragu untuk memanfaatkannya. Yuk jadi konsumen cerdas! Konsumen cerdas? Yakin dengan produk keuangan pilihannya.

Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Download/544

https://www.instagram.com/p/CgS53PfBd_Z/?igshid=YmMyMTA2M2Y=




Rating

Senang
83%
Puas
0%
Menginspirasi
17%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Bermain dan Belajar Literasi Keuangan Bersama Anak
Baca selengkapnya >>
Mengenal Bahaya Judi Online! Mending Investasi yang Aman
Baca selengkapnya >>
Waspada Modus Penipuan (Fraudster)! Cegah dengan Jaga Data Pribadi
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Keuangan yang Sehat dengan Literasi Keuangan Digital
Baca selengkapnya >>
Cara Gampang Nabung Buat Liburan Seru Tanpa Bikin Kantong Jebol!
Baca selengkapnya >>