Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Sambut Ramadan dengan Memanfaatkan Keuangan Syariah

Share

SAMBUT RAMADAN DENGAN MEMANFAATKAN KEUANGAN SYARIAH

Artikel: Kamis, 24 Maret 2023


Tidak terasa iklan sirop dan kue kaleng mulai terlihat, nuansa Ramadan jadi terasa. Bulan yang dinanti akhirnya tiba. Bulan Ramadan memang menjadi salah satu momen spesial bagi umat muslim, momen spesial ini tentu harus disambut dengan sukacita dan diisi dengan kegiatan bermanfaat. Selain meningkatkan ibadah kira-kira kegiatan apa lagi ya yang bisa dilakukan saat Ramadan? Yuk simak tips kegiatan untuk mengisi Ramadan versi Keluarga Sikapi.

·       Belajar Keuangan Syariah di LMS Edukasi Keuangan

Belajar hal baru bisa menjadi salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa Sobat lakukan sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Sobat bisa mencoba belajar keuangan syariah, selain menambah ilmu agama tentu akan menambah pengetahuan Sobat mengenai cara mengatur keuangan agar tetap cuan dan berkah. Apalagi dengan menggunakan LMS Edukasi Keuangan, modul keuangan syariahnya sangat informatif dan disajikan secara interaktif. Belajar keuangan syariah jadi menyenangkan bukan? Cara belajarnya mudah, registrasi di lmsku.ojk.go.id ikuti pembelajaran, kumpulkan poin, dan dapatkan merchandise menarik.

·       Menabung dana Haji dengan memanfaatkan produk keuangan syariah

Ibadah Haji bukanlah sekadar angan-angan bagi siapapun, jika Sobat mulai melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Supaya impian Sobat bisa diwujudkan di masa depan, yuk isi Ramadan kali ini dengan mulai konsisten menyisihkan dana untuk ibadah Haji. Jangan lupa manfaatkan produk keuangan syariah seperti bank syariah untuk membantu Sobat disiplin menabung. Selain bank syariah, Sobat juga bisa memanfaatkan produk investasi seperti saham syariah dan reksa dana syariah untuk berinvestasi secara konsisten.

·       Bayar zakat dan bersedekah memanfaatkan keuangan digital

Selain ibadah puasa, jangan lupa menunaikan zakat dan berbagi untuk sesama. Membayar zakat dan bersedekah bisa menjadi lebih praktis dan mudah berkat keuangan digital. Caranya mudah sekali, Sobat bisa memanfaatkan layanan pembayaran zakat dan sedekah melalui aplikasi m-banking. Saat ini beberapa bank syariah telah menyediakan fitur penghitungan nishab agar Sobat bisa menunaikan zakat sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu, bank syariah juga telah bekerja sama dengan lembaga resmi penyalur zakat dan donasi. Jadi pengelolaan dananya akan lebih amanah.

·       Membuka usaha dengan memanfaatkan pendanaan syariah

Di bulan Ramadan tentu ada banyak sekali peluang usaha yang bisa Sobat manfaatkan untuk membuka bisnis, misalnya berjualan kue untuk tajil dan hampers. Jika bingung mengajukan modal Sobat bisa memanfaatkan produk pendanaan syariah baik dari bank, perusahaan pembiayaan, atau fintech pendanaan bersama. Dengan memanfaatkan pendanaan syariah, pendanaan menjadi berkah dan terhindar dari riba.

·       Investasi sambil menjaga alam dengan sukuk

Bulan Ramadan tidak hanya mengajarkan kita untuk berbagi kepada sesama, namun juga berbuat kebaikan dengan menjaga kelestarian alam. Nah jika ingin berinvestasi sambil menjaga alam, Sobat bisa memanfaatkan produk keuangan hijau yang berbasis syariah. Di Indonesia produk keuangan hijau yang berbasis syariah diantaranya adalah sukuk dan saham syariah. Sukuk adalah efek berbentuk sekuritisasi aset yang memenuhi prinsip syariah di pasar modal, biasanya berupa surat berharga atau obligasi yang dikeluarkan pemerintah atau korporat. Sementara itu, saham syariah merupakan efek berupa saham yang ditawarkan di pasar modal dan sesuai dengan prinsip syariah. Untuk mengecek produk pasar modal syariah, Sobat dapat melihat Daftar Efek Syariah yang telah dirilis oleh OJK.

Nah itulah lima ide kegiatan yang bisa dilakukan saat Ramadan dengan memanfaatkan keuangan syariah. Jika Sobat sudah memiliki produk keuangan syariah, yuk terus konsisten memanfaatkannya dan terus meningkatkan literasi keuangan syariah. Jika belum punya? Mari terus meningkatkan literasi keuangan syariah dan segera membuka rekening produk syariah. Dengan mempelajari dan memanfaatkan keuangan syariah Ramadan akan terasa menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Referensi

https://www.megasyariah.co.id/id/produk/individu/donasi-dan-amal/zakat

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/saham-syariah/Default.aspx

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>
Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan
Baca selengkapnya >>
Pengelolaan Keuangan Tahun Baru: Resolusi dan Tips ala Keluarga Sikapi
Baca selengkapnya >>
Ibu, Sang Pahlawan Keuangan Keluarga
Baca selengkapnya >>