Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Mengapa Gen Z dan Generasi Milenial Cenderung Lebih Suka Berutang?

Share

MENGAPA GEN Z DAN GENERASI MILENIAL CENDERUNG LEBIH SUKA BERUTANG?

Artikel: Kamis, 6 April 2023


Sobat Sikapi, ada fakta baru nih soal Gen Z dan Milenial. Ternyata Gen Z dan Milenial memiliki utang yang lebih banyak dibandingkan dengan generasi lain. Salah satunya terlihat dari data kepemilikan rekening dan jumlah outstanding pinjaman pada fintech P2P lending. Statistik Fintech P2P Lending (fintech pendanaan bersama) OJK pada Desember 2022 menunjukkan bahwa 62% rekening fintech pendanaan bersama dimiliki oleh nasabah usia 19-34 tahun. Tidak jauh dari angka tersebut, 60% pinjaman dari fintech pendanaan bersama juga disalurkan kepada nasabah usia 19-34 tahun. Artinya pengguna fintech pendanaan bersama didominasi oleh Gen Z dan Milenial. Oleh karena itu tidak heran jika Gen Z dan Milenial dianggap cenderung suka berutang. Lalu, mengapa Gen Z dan Milenial cenderung lebih suka berutang? Yuk kenali alasan dan tipsnya supaya Sobat bisa terhindar dari kebiasaan berutang, apalagi utang konsumtif.

Alasan yang pertama didorong oleh kemajuan teknologi. Saat ini banyak sekali aplikasi digital yang memberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman seperti fintech pendanaan bersama dan paylater. Jika dahulu mengajukan pinjaman perlu dilakukan secara tatap muka sekarang pinjaman bisa dilakukan secara digital, persyaratannya pun lebih mudah dan praktis. Selain aplikasi pinjaman, ada juga aplikasi untuk belanja online baik berupa e-commerce, aplikasi pemesanan tiket, maupun aplikasi pemesanan makanan. Belanja dan berwisata semakin mudah. Apalagi jika aplikasi tersebut menawarkan layanan paylater, kita bisa membeli terlebih dahulu dan membayarnya nanti. Padahal hal tersebut termasuk ke dalam utang konsumtif. Untuk itu penting sekali menyikapi kemajuan teknologi dan kemudahan berbagai aplikasi digital secara bijak. Sobat perlu membekali diri dengan perencanaan keuangan yang baik agar terhindar dari belanja konsumtif. Ingat selalu hanya berutang untuk keperluan mendesak, jangan mudah tergiur kemudahan aplikasi digital ya Sobat.

Alasan yang kedua didorong oleh profil Gen Z dan Milenial sebagai kelompok usia produktif yang bekerja dan memiliki pendapatan. Artinya Gen Z dan Milenial memiliki uang untuk membiayai belanja dan kebutuhan sehari-hari. Hanya saja jika tidak cakap mengatur keuangan Gen Z dan Milenial akan cenderung menjadi konsumtif. Lebih jauh lagi, jika pendapatan yang dimiliki tidak cukup untuk membiayai pengeluaran utang, maka utang akan menjadi solusi sementara, padahal ini merupakan sumber masalah. Misalnya Sobat menggunakan paylater untuk membeli gadget baru dengan dalih akan menerima gaji dan dapat melunasi utang tersebut di bulan depan. Jika tidak membuat perencanaan keuangan yang baik hal ini justru bisa membebani Sobat di masa depan.

Kurangnya literasi keuangan membuat sulit untuk menabung atau berinvestasi, malah cenderung menggunakan produk pinjaman secara tidak bijak. Untuk itu, Sobat perlu membekali diri dengan literasi keuangan yang baik. Dengan memiliki pemahaman produk keuangan dan perencanaan keuangan, Sobat akan lebih selektif dalam mengatur pengeluaran, mengutamakan kebutuhan dibanding keinginan sehingga tidak terjerumus dalam kebiasaan berutang.

Itulah penjelasan mengenai perilaku berutang Milenial dan Gen Z. Semoga Sobat bisa terhindar dari kebiasaan utang konsumtif ya!

Referensi:

https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/fintech/Pages/Statistik-Fintech-Lending-Periode-Desember-2022.aspx

https://www.idxchannel.com/economics/gen-z-sampai-milenial-paling-banyak-ngutang-totalnya-capai-rp1474-triliun

Rating

Senang
12%
Puas
6%
Menginspirasi
78%
Tidak Peduli
4%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Merdeka Belajar Keuangan Bersama LMS Edukasi Keuangan
Baca selengkapnya >>
Dana Darurat: Mengenal Instrumen Keuangan yang Tepat
Baca selengkapnya >>
Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>