Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Berdonasi Makin Mudah Berkat Keuangan Digital

Share

BERDONASI MAKIN MUDAH BERKAT KEUANGAN DIGITAL

Artikel: Kamis, 13 April 2023

Sobat Sikapi, alangkah baiknya Bulan Ramadan diisi dengan kebaikan, salah satunya dengan melakukan donasi. Donasi dapat dilakukan dalam bentuk zakat, sedekah, infaq, maupun wakaf. Zakat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim yang dapat berupa zakat fitrah maupun zakat mal apabila harta yang Sobat miliki telah melebihi batas nishab yang ditentukan syariat Islam. Sedangkan sedekah, infaq, dan wakaf merupakan ibadah sunnah yang mulia. Dalam ajaran Islam berdonasi memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah akan mendapatkan pahala serta dijauhkan dari sifat kikir. Berdonasi melatih kita untuk ikhlas membantu sesama dengan menyisihkan sebagian harta yang kita miliki, jadi kita dijauhkan dari sifat kikir. Mengingat keutamaan dan manfaat dari berdonasi sangat penting, Sobat Sikapi perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana sosial. Dana sosial dapat dialokasikan sebesar 10% dari pendapatan setiap bulan untuk keperluan donasi. Dengan membuat alokasi khusus Sobat tidak akan melewatkan kewajiban berdonasi, sebaliknya berdonasi juga tidak akan menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Saat ini berdonasi semakin mudah berkat kehadiran layanan keuangan digital. Tidak hanya berupa pembayaran non tunai melalui QRIS, Sobat juga bisa berdonasi melalui layanan bank maupun crowdfunding. Inisiatif donasi digital telah banyak diprakarsai oleh lembaga e-commerce, fintech, maupun bank digital. Di sektor perbankan, baik bank syariah maupun bank konvensional telah memiliki fitur berdonasi yang dapat diakses melalui aplikasi mobile banking atau ATM. Dengan fitur ini, berdonasi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun hanya dengan memanfaatkan gawai dan tanpa biaya administrasi. Nominal donasi pun tidak memiliki batasan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Sobat. Selain praktis, berdonasi dengan memanfaatkan fitur bank selain aman juga tidak rawan pencurian. Dan yang paling penting penyaluran donasi lebih amanah. Saat ini beberapa bank syariah telah bekerja sama dengan yayasan dan lembaga amil resmi sebagai mitra untuk menyalurkan hasil donasi. Tentunya lembaga yang bermitra telah melalui proses seleksi seperti pengecekan laporan distribusi dana donasi, sehingga transparan dan akuntabel. Bahkan Sobat bisa memilih lembaga yang ingin Sobat berikan donasi, misalnya donasi khusus anak yatim dapat disampaikan kepada yayasan rumah yatim atau donasi Al-Quran dapat disampaikan kepada yayasan rumah Quran. Hal ini dapat Sobat cek melalui layanan donasi di bank pilihan Sobat. Caranya? Mudah sekali buka aplikasi mobile banking, lalu cek layanan yang tersedia seperti Menu Donasi/Ziswaf (Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf) di beranda mobile banking, Menu Donasi/Ziswaf pada fitur pembayaran, atau Menu virtual account pada fitur transfer. Hal menarik lainnya adalah donasi yang Sobat berikan akan tercatat pada mutasi rekening, sehingga Sobat memiliki bukti transaksi yang resmi.


Itulah penjelasan singkat mengenai layanan keuangan digital untuk berdonasi. Mudah kan? Jangan sampai terlalu sibuk belanja lebaran sehingga membuat Sobat lupa untuk berdonasi apalagi membayar zakat. Padahal berdonasi di bulan Ramadan memiliki keutamaan yang tinggi. Yuk alokasikan dana sosial dan manfaatkan keuangan digital untuk berdonasi. Semoga Ramadan Sobat semakin berkah!

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/18655/platform-zakat-dan-wakaf-digital-bukti-akuntabilitas-pengelolaan-sumbangan-keagamaan/0/berita

https://knks.go.id/berita/244



Rating

Senang
50%
Puas
50%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>
Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan
Baca selengkapnya >>