Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Obligasi Korporasi > Investasi Pakai Obligasi FR? Kuponnya Tetap Bikin Untung

Share

INVESTASI PAKAI OBLIGASI FR? KUPONNYA TETAP BIKIN UNTUNG

Artikel: Kamis, 11 Mei 2023



Obligasi Negara Indonesia seri FR (Fixed Rate) atau Obligasi FR adalah Surat Utang yang diterbitkan oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap. Sama seperti ORI, SBN, dan Sukuk produk ini merupakan jenis obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan memberikan manfaat berupa penerimaan kupon yang dibayarkan secara reguler sampai waktu jatuh tempo. Bedanya pada ORI, SBN, dan Sukuk kupon dibayarkan setiap bulan sekali sedangkan pada Obligasi FR kupon dibayarkan setiap enam bulan sekali dengan nilai yang sama. Misalnya Sobat membeli Obligasi FR pada Januari 2023 dengan kupon 8% dan waktu jatuh tempo 10 tahun, maka sepanjang 2023 - 2033 setiap enam bulan Sobat akan menerima pembayaran kupon sebesar 8% dari nilai pokok investasi Sobat. Nilai kupon ini tidak akan berubah dan yield (rata-rata imbal hasil per tahun) obligasi juga relatif lebih tinggi dibanding deposito, jadi cocok untuk dijadikan sumber pendapatan pasif.

 Perbedaan selanjutnya adalah jangka waktu, umumnyaORI, SBN, dan Sukuk memiliki waktu jatuh tempo 1-5 tahun sehingga cocok untuk investasi jangka pendek dan menengah, sedangkan Obligasi FR adalah instrumen investasi jangka menengah dan panjang dengan waktu jatuh tempo berkisar antara 5-30 tahun. Sehingga produk ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dana kebutuhan masa depan seperti dana pendidikan, dana pensiun, dll. Meskipun waktu jatuh tempo Obligasi FR sangat panjang, Sobat tetap bisa menjual produk ini sebelum waktu jatuh tempo. Prinsipnya sama dengan jual beli saham, Sobat akan mendapatkan hasil penjualan sesuai dengan nilai obligasi pada saat dijual. Jika menjual obligasi dengan harga jual diatas harga beli, sebagai investor Sobat akan mendapatkan potensi capital gain. Sebaliknya jika harga jual lebih rendah daripada harga beli maka terdapat risiko capital loss, jadi pahami risikonya ya Sobat.

 Investasi melalui Obligasi FR juga mengandung risiko, tentunya calon investor wajib membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada obligasi ini ya!  Risiko tersebut di antaranya adalah:

·       Risiko Pasar (market risk) berupa potensi kerugian (capital loss) bagi investor karena fluktuasi kinerja pasar keuangan, seperti perubahan suku bunga, perubahan fundamental ekonomi dan kondisi politik yang tidak stabil. 

·       Risiko Wanprestasi (default) adalah risiko dimana investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo pembayaran nilai kupon dan pokok. Mengingat produk ini dijamin oleh negara, Obligasi FR memiliki risiko gagal bayar yang sangat rendah.

·       Risiko Likuiditas (liquidity risk) artinya investor tidak dapat melikuidasi produk investasi dalam waktu yang cepat pada harga yang wajar. 

 

Untuk menghindari ketiga risiko ini, sebelum berinvestasi pastikan Sobat hanya menggunakan dana tidak terpakai dan telah memiliki dana darurat yang mencukupi. Ingat, produk Obligasi FR termasuk sebagai produk investasi dengan risiko moderat dan jangka investasi menengah sampai dengan panjang jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko Sobat ya. Itulah penjelasan mengenai produk investasi Obligasi FR. Saat ini transaksi Obligasi FR bisa dilakukan secara digital melalui bank atau aplikasi Agen Penjual Efek dan Reksa Dana (APERD), semoga Sobat semakin mantap untuk berinvestasi!

 

Referensi

https://blog.bibit.id/bibit-plus/2023/3/3/faq-blog-obligasi-fr

https://www.permatabank.com/sites/default/files/2020-01/Ringkasan%20Produk%20Seri%20FR%20-%20Final%20Version%20Januari%202020.pdf

Rating

Senang
69%
Puas
11%
Menginspirasi
7%
Tidak Peduli
13%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar Modal
Baca selengkapnya >>
INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG! YUK, BAGI INVESTOR PEMULA SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Rekomendasi Investasi 2024 untuk Sobat Cuan
Baca selengkapnya >>
Mengenal Reksa Dana Terproteksi: Mekanisme, Karakteristik, dan Risiko
Baca selengkapnya >>
Saham Blue Chip dan Saham Dividen, Dua Jenis Saham yang Cocok untuk Investor Konservatif
Baca selengkapnya >>
Investor Ritel vs Investor Institusional? Kenali Perbedaannya
Baca selengkapnya >>
Investasi Jangka Panjang Optimalkan Compound Interest
Baca selengkapnya >>