Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Manfaatkan Tabungan Rencana Agar Rencana Tidak Hanya Sekadar Wacana

Share

MANFAATKAN TABUNGAN RENCANA AGAR RENCANA TIDAK HANYA SEKADAR WACANA

Artikel: Kamis, 6 Juli 2023


Siapa yang suka jadi generasi wacana? Banyak rencana tapi minim aksi. Rencana liburan, menikah, atau mewujudkan pendidikan impian tentu perlu dipersiapkan dengan baik agar tidak sekadar wacana. Salah satunya dengan mempersiapkan dana yang cukup. Sayangnya kita seringkali terkendala untuk mempersiapkan dana tersebut, misalnya tidak konsisten menyisihkan uang atau mudah tergoda untuk berbelanja dengan dana yang telah ditabung. Nah untuk menghadapi kendala tersebut Sobat bisa memanfaatkan produk tabungan rencana.

Tabungan rencana adalah tabungan dengan setoran rutin per bulan yang memiliki fasilitas auto debet dari rekening sumber ke rekening tabungan rencana dan penarikannya dibatasi sesuai ketentuan bank. Dengan fitur auto debet Sobat akan lebih mudah untuk menyisihkan dana di awal bulan secara konsisten. Fitur batasan penarikan juga membuat Sobat terhindar dari perilaku impulsif mengambil dana tabungan. Dengan begitu tabungan rencana akan membantu Sobat dalam mengelola keuangan dengan baik dan disiplin sehingga dapat mewujudkan rencana masa depan.

Pada dasarnya fitur tabungan rencana mirip dengan deposito. Keduanya merupakan produk simpanan bank dimana Sobat akan menyimpan sejumlah uang dalam tabungan terpisah dan hanya dapat dicairkan pada periode yang telah disepakati di awal pembukaan tabungan. Adapun perbedaan antara tabungan rencana dan deposito diantaranya adalah:

·       Tabungan rencana lebih terjangkau minimal setoran mulai dari Rp100.000, sedangkan deposito umumnya dimulai dari Rp10.000.000.

·       Tenor atau jangka waktu tabungan rencana dan deposito sama-sama beragam dimulai dari satu tahun sampai puluhan tahun, yang berbeda adalah proses pencairan/likuiditas. Pencairan tabungan rencana lebih cepat dibanding deposito, namun tabungan rencana tidak dapat dijadikan agunan seperti deposito.

·       Imbal hasil atau bunga tabungan rencana lebih rendah dibanding deposito

Berdasarkan perbedaan karakteristik tersebut tabungan rencana lebih cocok digunakan untuk tabungan jangka pendek dan menengah, misalnya untuk rencana liburan atau pendidikan dalam waktu dekat. Sementara deposito lebih cocok untuk tabungan jangka pendek, menengah, dan panjang, sehingga deposito bisa menjadi pilihan alternatif produk investasi yang aman. Nah Sobat bisa memilih produk tersebut sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Berikut adalah cara yang perlu Sobat lakukan untuk membuka tabungan rencana:

1.       Datang ke kantor bank terdekat untuk mengisi formulir pembukaan rekening tabungan rencana

2.       Pilih jumlah setoran, tenor tabungan, dan rekening sumber dana

3.       Nasabah membayar setoran awal

4.       Bank memberikan bukti kepemilikan tabungan rencana

Selain itu, Sobat juga bisa dengan mudah membuka tabungan rencana melalui aplikasi m-banking. Itulah penjelasan mengenai tabungan rencana, semoga bisa membantu Sobat mempersiapkan keuangan untuk mewujudkan rencana masa depan Sobat. Jangan lupa memanfaatkan produk tabungan dari bank yang memiliki reputasi baik, telah berizin, dan terdaftar di OJK. Yuk sikapi uang dengan bijak dan rajin menabung agar tidak jadi generasi wacana.

Referensi

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/421_perbankan-3%20tabungan%20rencana_2018_small.pdf

https://www.simulasikredit.com/pilih-mana-tabungan-rencana-atau-deposito/#:~:text=Seperti%20namanya%2C%20tabungan%20rencana%20adalah,jangka%20panjang%20atau%20jangka%20pendek.

Rating

Senang
0%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
100%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mengenal Jenis-jenis Suku Bunga Bank
Baca selengkapnya >>
Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Transformasi Digital Perbankan: Wujudkan Bank Digital
Baca selengkapnya >>
Yuk! Ketahui Perkembangan Layanan Perbankan di Era Serba Digital
Baca selengkapnya >>
Digital Banking: Permudah Akses Layanan Perbankan di Masa Pandemi
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Cash Waqf Linked Deposit: Raih Berkah Wakaf melalui Perbankan Syariah
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Inklusi Keuangan dengan SiMUDA
Baca selengkapnya >>
Manfaatkan Tabungan Valas untuk Menyimpan Mata Uang Asing
Baca selengkapnya >>
Manfaatkan Tabungan Rencana Agar Rencana Tidak Hanya Sekadar Wacana
Baca selengkapnya >>
Nabung di Bank, Aman dan Dijamin
Baca selengkapnya >>