Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Pinjaman > Jenis Kredit Dan Pembiayaan > Kredit Tanpa Jaminan > Pahami Cara Menghitung Bunga Flat Produk Pinjaman

Share

PAHAMI CARA MENGHITUNG BUNGA FLAT PRODUK PINJAMAN

Artikel: Kamis, 11 Juli 2024


Pernahkah Sobat mengajukan pinjaman? Jika menggunakan produk pinjaman atau kredit, Sobat pasti pernah mendengar istilah bunga. Suku bunga adalah pembayaran bunga tahunan dari suatu pinjaman dalam bentuk persentase (%) dari pinjaman atau dalam formulanya seperti berikut ini:

Suku bunga menimbulkan adanya biaya bunga yang perlu dibayarkan saat mengajukan pinjaman pada produk kredit konvensional. Artinya Sobat harus lebih bijak dalam mengajukan kredit. Jangan sampai tidak paham cara menghitung bunga kredit berakibat Sobat tidak mampu melunasi pinjaman yang diajukan. Yuk kita kenali salah satu cara perhitungan bunga. 

Salah satu jenis perhitungan bunga paling sederhana yang Sobat perlu pahami adalah bunga flat.  Bunga flat adalah suku bunga yang diperhitungkan terhadap plafon atau jumlah pinjaman awal. Artinya dasar perhitungan bunga menggunakan total pinjaman saat diajukan, tidak ada pengurangan bunga secara berkala sehingga bunga yang dibayarkan selama periode angsuran adalah tetap atau bersifat flat.

Perhatikan contoh berikut!

Untuk meningkatkan produktivitas Toko Roti Enak, Pak Rachmad berencana membeli sepeda motor dengan pembiayaan multiguna melalui salah satu Perusahaan Pembiayaan. Kredit motor merupakan salah satu produk pinjaman yang menerapkan sistem bunga flat dan Pak Rachmad perlu teliti dalam memperhitungkan suku bunga yang harus dibayar. Harga sepeda motor yang dibeli Pak Rachmad sebesar Rp20.000.000, sementara uang muka yang perlu dibayarkan adalah sebesar 30%. Perusahaan pembiayaan menawarkan suku bunga flat sebesar 17% per tahun. Setelah mempertimbangkan kemampuan membayar, Pak Rachmad berencana membayar angsuran dengan tenor/jangka waktu pembiayaan selama 24 bulan.

Berapa angsuran per bulan yang wajib dibayar oleh Pak Rachmad? Yuk bantu hitung! 

Itulah penjelasan mengenai cara menghitung bunga flat pada produk kredit. Dengan memahami perhitungan suku bunga, semoga Sobat bisa lebih cermat dalam mengajukan pinjaman dan terhindar dari kredit macet. Yuk bijak dalam berutang!


Sumber:

Buku Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi Seri Perusahaan Pembiayaan


Rating

Senang
0%
Puas
14%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
86%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mau Punya Kartu Kredit? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut
Baca selengkapnya >>
Mengenal Lembaga Jasa Keuangan Khusus: PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)
Baca selengkapnya >>
DOMPET AMAN, HATI TENANG DENGAN GADAI SYARIAH
Baca selengkapnya >>
Hati-hati Developer Rumah Bodong, Ini Tips Amannya!
Baca selengkapnya >>
Ingin Ajukan Kredit di Bank? Kenali Dulu Agunannya
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Pahami Cara Menghitung Bunga Flat Produk Pinjaman
Baca selengkapnya >>
Perusahaan Modal Ventura, Dorong UMKM dan Usaha Rintisan Berkembang
Baca selengkapnya >>
Pinjam Dana di Fintech? Kenali Layanan Pendanaan Produktif dan Konsumtif
Baca selengkapnya >>
Sobat, Begini Alur Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor
Baca selengkapnya >>
Sepele! Tapi Bisa Bikin Pengajuan Kredit/Pembiayaan Ditolak
Baca selengkapnya >>