Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Simpanan > Jenis Simpanan > Tabungan > Wujudkan Inklusi Keuangan dengan SiMUDA

Share

WUJUDKAN INKLUSI KEUANGAN DENGAN SIMUDA

Artikel: Kamis, 26 Oktober 2023



Sobat tahu nggak, bahwa inklusi keuangan merupakan bagian penting dari sosial-ekonomi suatu negara? Inklusivitas terhadap akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat itu penting banget loh untuk bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, stabilitas sistem keuangan, inisiatif pengentasan kemiskinan, serta sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat. Akses keuangan yang merata bagi masyarakat dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam merencanakan tujuan keuangan jangka panjang hingga mempersiapkan diri dalam menghadapi krisis finansial yang tidak terduga. Untuk itu, perencanaan keuangan dapat dimulai sejak dini, misalnya mulai dari menanamkan budaya disiplin menabung untuk mempersiapkan masa depan.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dirilis secara resmi oleh OJK menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan di Indonesia mengalami kenaikan menjadi 85,10%. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan hasil SNLIK tahun 2019, hanya sebesar 76,19%. Kenaikan indeks nasional ini menunjukkan OJK dan stakeholders terus melakukan berbagai upaya peningkatan inklusi keuangan yang berdampak pada masyarakat, salah satunya melalui program Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMUDA) yang cocok banget nih buat Sobat yang mau merencanakan keuangan sejak dini!

Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMUDA) adalah salah satu program tabungan yang diinisiasi OJK dan terus digencarkan sampai saat ini untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. SiMUDA merupakan tabungan yang diperuntukkan bagi masyarakat kelompok usia 18 s.d. 30 tahun dengan dilengkapi fitur asuransi dan/atau produk investasi yang ditawarkan oleh perbankan di Indonesia. Selain sebagai sarana menabung, SiMUDA juga dapat menjadi sarana pengenalan instrumen asuransi dan investasi (reksa dana dan emas) kepada mahasiswa dan pemuda. SiMUDA juga membantu Sobat mahasiswa dan pemuda untuk lebih disiplin dalam mencapai tujuan keuangan pribadi, misalnya untuk membeli rumah, merencanakan biaya pendidikan, dan lain-lain melalui perencanaan keuangan yang tepat. Adapun produk-produk SiMUDA yang bisa Sobat manfaatkan antara lain:

1.  SiMUDA InvestasiKu (Tabungan dan Reksa Dana)

Selain menabung dengan cara konvensional di bank, SiMUDA juga memberikan kemudahan untuk berinvestasi. SiMUDA InvestasiKu adalah tabungan rencana yang memiliki fitur berinvestasi di reksa dana secara berkala dan pastinya dilindungi dengan proteksi asuransi. Setoran awalnya relatif ringan, mulai dari Rp100.000 dan setoran selanjutnya berbeda-beda pada setiap bank. Produk ini cocok untuk Sobat yang baru mulai belajar berinvestasi.


2.   SiMUDA EmasKu

SiMUDA EmasKu memudahkan mahasiswa dan pemuda untuk memiliki emas melalui pembiayaan kepemilikan emas dengan menggunakan akad murabahah (jual-beli). Setoran rutin bulanannya relatif ringan, yakni minimal Rp50.000, sementara setoran awalnya berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing bank.

3.  SiMUDA RumahKu

SiMUDA Rumahku merupakan produk yang dapat membantu mahasiswa dan pemuda dalam merencanakan kepemilikan rumah sejak dini melalui tabungan rencana untuk mengangsur uang muka (DP) KPR. Setoran rutin bulanannya relatif ringan, minimal Rp100.000 dan tidak terdapat biaya administrasi sehingga dapat membantu Sobat yang ingin mempunyai rumah impian di masa depan.

Kehadiran SiMUDA memberikan akses keuangan yang mudah dijangkau dengan biaya ringan dan fitur yang menarik bagi generasi muda. Sobat bisa mendapatkan produk-produk SiMUDA di berbagai bank. Yuk mulai mempersiapkan masa depan sejak dini dengan SiMUDA!

Referensi:

https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx


Rating

Senang
0%
Puas
100%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Mengenal Jenis-jenis Suku Bunga Bank
Baca selengkapnya >>
Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya
Baca selengkapnya >>
Transformasi Digital Perbankan: Wujudkan Bank Digital
Baca selengkapnya >>
Yuk! Ketahui Perkembangan Layanan Perbankan di Era Serba Digital
Baca selengkapnya >>
Digital Banking: Permudah Akses Layanan Perbankan di Masa Pandemi
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Cash Waqf Linked Deposit: Raih Berkah Wakaf melalui Perbankan Syariah
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Inklusi Keuangan dengan SiMUDA
Baca selengkapnya >>
Manfaatkan Tabungan Valas untuk Menyimpan Mata Uang Asing
Baca selengkapnya >>
Manfaatkan Tabungan Rencana Agar Rencana Tidak Hanya Sekadar Wacana
Baca selengkapnya >>
Nabung di Bank, Aman dan Dijamin
Baca selengkapnya >>