Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Cara Merencanakan Keuangan > Siapkan Mudik Lebaran, Jangan Lupa Kelola Uang THR

Share

SIAPKAN MUDIK LEBARAN, JANGAN LUPA KELOLA UANG THR

Artikel: Kamis, 28 April 2022


Yang dinanti akhirnya tiba, cuti bersama Lebaran! Tradisi Lebaran seperti membeli baju baru, berbagi parsel, membuat kue dan mudik sudah menjadi ciri khas perayaan Lebaran masyarakat Indonesia. Untuk itu, Sobat perlu mempersiapkannya dengan baik. Salah satu hal yang perlu Sobat persiapkan adalah keuangan. Menjelang hari raya umumnya pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), Sobat dapat membuat pos keuangan khusus Lebaran dengan memanfaatkan THR.

Berikut adalah tips mengatur THR ala Keluarga Sikapi. Pertama, sisihkan dana untuk membayar zakat dan sedekah. Untuk keperluan ini, Sobat dapat menggunakan alokasi biaya sosial sebesar 10 persen. Selanjutnya, adalah untuk membiayai kebutuhan saat Lebaran seperti membeli tiket mudik, baju Lebaran, makanan dan kebutuhan lainnya, Sobat dapat memanfaatkan alokasi biaya rumah tangga sebesar 40 persen. Saat Lebaran, ada berbagai tawaran promo yang mendorong kita seringkali kalap berbelanja. Tapi ingat, utamakan kebutuhan daripada keinginan. Agar uang THR Sobat tidak habis untuk belanja konsumtif, Sobat juga perlu menyisihkan dana untuk menabung dan membayar utang. Sobat dapat menyisihkan 20 persen untuk dana darurat, tabungan atau investasi. Misalnya, jika Sobat berencana untuk mengajukan KPR tahun ke depan, Sobat dapat memanfaatkan sebagian dana THR sebagai uang muka. Sobat dapat memanfaatkan produk keuangan yang sesuai dengan tujuan Sobat, misalnya rekening tabungan untuk dana darurat atau membeli saham dan emas untuk investasi jangka panjang. Selain itu, akan lebih baik jika Sobat melunasi utang terlebih dulu. Jadi, jangan lupa sisihkan dana setidaknya sebesar 30 persen untuk membayar cicilan. Jadi uang THR lebih produktif deh. Untuk mengelola keuangan tersebut, Sobat dapat memanfaatkan fitur auto debet pada rekening tabungan.

Jika sudah membuat pos keuangan khusus Lebaran, saatnya mempersiapkan perjalanan mudik. Berikut adalah beberapa tips mudik dari Keluarga Sikapi.

·       Sesuaikan jenis transportasi mudik dengan dana dan jadwal mudik yang tersedia.

Naik pesawat atau bus? Sesuaikan jenis transportasi dengan tiket mudik yang tersedia dan tentunya dana yang Sobat miliki. Ingat, kebutuhan Lebaran tidak hanya tiket mudik, jadi Sobat perlu bijak dalam mengatur dana yang dimiliki.

·       Jangan lupa melengkapi tiket mudik dengan asuransi perjalanan.

Usahakan membeli tiket di agen yang terpercaya. Sobat juga bisa menambahkan fitur asuransi perjalanan yang disediakan penyedia jasa transportasi. Asuransi perjalanan ini bermanfaat memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Jika sudah mendapatkan tiket, jangan asal menyebarkan foto tiket Sobat ya, karena dalam tiket tersebut terdapat informasi pribadi seperti NIK, nama lengkap dan detail perjalanan Sobat.

·       Siapkan asuransi kendaraan dan properti untuk melindungi rumah yang ditinggalkan.

Jika Sobat membawa kendaraan pribadi, Sobat dapat memanfaatkan asuransi kendaraan bermotor yang memberikan kompensasi ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan kendaraan. Untuk menjaga keamanan rumah yang ditinggalkan saat mudik, Sobat dapat memanfaatkan asuransi properti untuk melindungi rumah dari risiko kerusakan atau kebakaran. Sementara itu, untuk barang berharga dapat dititipkan di Safe Deposit Box (SDB) atau penitipan perusahaan gadai.

·       Jangan lupa melakukan vaksin, mengunduh aplikasi Peduli Lindungi dan mematuhi protokol kesehatan ya Sobat.

Itulah tips mempersiapkan Lebaran ala Keluarga Sikapi. Keluarga Sikapi mengajak Sobat Sikapi untuk menyambut Hari Raya: jaga hati dengan silaturahmi, jaga diri dengan asuransi, jaga dompet dengan menabung dan investasi dan pastikan selalu jaga data pribadi.

Referensi:

Materi Training of Trainers Guru SD Kota Medan, 2022

Rating

Senang
4%
Puas
4%
Menginspirasi
91%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Merdeka Belajar Keuangan Bersama LMS Edukasi Keuangan
Baca selengkapnya >>
Dana Darurat: Mengenal Instrumen Keuangan yang Tepat
Baca selengkapnya >>
Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>