Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Obligasi Korporasi > Apa Perbedaan Obligasi Korporat dan Obligasi Pemerintah?

Share

APA PERBEDAAN OBLIGASI KORPORAT DAN OBLIGASI PEMERINTAH?

Artikel: Kamis, 2 Mei 2022




Dalam berinvestasi, Sobat sebaiknya melakukan diversifikasi instrumen investasi untuk memaksimalkan potensi keuntungan dan meminimalisir risiko kerugian khususnya karena fluktuasi harga. Salah satu instrumen investasi yang bisa Sobat manfaatkan adalah obligasi. Obligasi merupakan surat utang yang memberikan hasil investasi bersifat tetap (kupon) selama jangka waktu jatuh tempo.


Berdasarkan penerbit, di Indonesia terdapat 2 jenis obligasi yaitu obligasi korporat dan pemerintah. Obligasi Pemerintah dikeluarkan pemerintah untuk pembiayaan pembagunan negara, dalam hal ini Kementerian Keuangan RI mengeluarkan surat berharga berupa Obligasi Ritel Negara baik yang berbasis konvensional maupun syariah/sukuk. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Obligasi Pemerintah, Sobat dapat membaca artikel berikut ini.

Obligasi Korporat merupakan instrumen investasi berupa surat utang yang dikeluarkan perusahaan swasta atau BUMN/BUMD untuk pembiayaan perusahaan. Baik Obligasi Korporat maupun Obligasi Pemerintah memberikan keuntungan berupa kupon dan capital gain. Kupon dibayarkan selama periode obligasi hingga waktu jatuh tempo, dengan demikian Sobat akan menerima imbal hasil secara berkala. Adapun, besaran imbal hasil tersebut bergantung pada nilai dan jenis kupon. Keuntungan yang selanjutnya adalah capital gain yaitu nilai selisih dari harga jual dengan harga beli obligasi. Keuntungan ini dapat Sobat terima karena obligasi fluktuasi harga obligasi.

Bagaimana perbedaan kedua obligasi tersebut?

Obligasi Korporat

Obligasi Pemerintah

Imbal hasil kompetitif dibandingkan rata-rata bunga deposito atau kupon Obligasi Negara

Imbal hasil kompetitif dibandingkan dengan rata-rata bunga deposito

Jangka waktu 1 tahun  atau lebih dari 5 tahun

Jangka waktu dibawah 5 tahun

Minimal pembelian 5 juta rupiah*

Minimal pembelian 1 juta rupiah

 * : tergantung kebijakan setiap mitra distribusi

Berdasarkan karakteristik tersebut, Obligasi Korporat relatif cocok untuk investor jangka panjang yang memiliki modal besar dan berpengalaman, sedangkan bagi investor pemula yang ingin berinvestasi pada jangka menengah dapat memanfaatkan Obligasi Pemerintah.

Meskipun memiliki tingkat imbal hasil yang lebih kompetitif, Sobat perlu cermat dalam memilih Obligasi Korporat. Ingat selalu konsep high riks, high return. Salah satu karakteristik yang perlu diperhatikan dalam memilih Obligasi Korporat adalah peringkat obligasi atau bonds rating. Peringkat obligasi adalah peringkat yang diberikan oleh suatu perusahaan atau lembaga penilai obligasi mengenai kelayakan atau kemampuan dari penerbit obligasi. Peringkat mengukur kelayakan kredit dan kemampuan kreditur membayarkan kembali pokok serta bunga obligasi ke investor, hal ini mencerminkan risiko yang terkandung di dalam obligasi tersebut.

Semakin tinggi atau baik peringkat obligasi, maka potensi gagal bayarnya semakin rendah. Jika Sobat perhatikan peringkat obligasi yang baik diikuti dengan tingkat pengembalian/kupon/bunga yang rendah. Hal ini terjadi karena risiko yang rendah juga memberikan imbal hasil yang cenderung rendah. Sebaliknya, semakin rendah peringkat obligasi, makin besar risiko terjadinya gagal bayar, sehingga ditawarkan imbal hasil tinggi agar investor tertarik membeli.

Ada empat lembaga pemeringkat efek yang diakui OJK untuk menentukan peringkat obligasi, antara lain: PT Fitch Ratings, PT Pemeringkat Kredit Indonesia (PKRI), PT Kredit Rating Indonesia, dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

Dengan demikian ketika membeli produk investasi, Sobat perlu memperhatikan peringkat obligasi serta lembaga pemeringkat efek yang memberikan penilaian. Selain memperhatikan peringkat, Sobat juga perlu membaca isi prospektus. Secara sederhana prospektus merupakan dokumen penawaran umum mengenai efek saham atau obligasi yang memuat informasi seperti profil dan laporan keuangan.

Itulah penjelasan singkat mengenai Obligasi Korporat dan Obligasi Pemerintah, yuk mulai diversifikasi investasi Sobat!

Rating

Senang
43%
Puas
19%
Menginspirasi
29%
Tidak Peduli
10%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar Modal
Baca selengkapnya >>
INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG! YUK, BAGI INVESTOR PEMULA SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Rekomendasi Investasi 2024 untuk Sobat Cuan
Baca selengkapnya >>
Mengenal Reksa Dana Terproteksi: Mekanisme, Karakteristik, dan Risiko
Baca selengkapnya >>
Saham Blue Chip dan Saham Dividen, Dua Jenis Saham yang Cocok untuk Investor Konservatif
Baca selengkapnya >>
Investor Ritel vs Investor Institusional? Kenali Perbedaannya
Baca selengkapnya >>
Investasi Jangka Panjang Optimalkan Compound Interest
Baca selengkapnya >>