Kontak | Indonesia | English

Beranda > Berita > Presiden RI Luncurkan Simpanan Pelajar

Share

PRESIDEN RI LUNCURKAN SIMPANAN PELAJAR

Anak-anak umumnya telah diajarkan menabung di celengan sejak masih kecil sebab anak-anak belum bisa menabung sendiri di bank tanpa pendampingan orang tua. Untuk itu, OJK bersama dengan industri perbankan mengembangkan produk simpanan untuk  pelajar yang fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan kelompok pelajar yang disebut Simpanan Pelajar atau Simpel/Simpel iB. Produk Simpel iB yang merupakan produk syariah dari Simpel diluncurkan oleh Bapak Presiden RI pada 14 Juni 2015 yang bertepatan dengan pelaksanaan Pasar Keuangan Syariah di Parkir Selatan Senayan, Jakarta.

Simpel merupakan salah satu inisiatif OJK untuk memperluas akses keuangan bagi kalangan pelajarsekaligus mengajarkan dan membiasakan mereka mengelola uang sejak dini karena produk ini dapat digunakan mulai dari siswa PAUD hingga SMA. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Child and Youth Finance International (2013), orang dewasa yang telah menerima edukasi keuangan sejak dini akan lebih baik dalam melakukan pengelolaan keuangan dibandingkan orang dewasa yang tidak mendapatkan edukasi keuangan sejak dini. 

Dengan menggunakan Simpel sebagai sarana menabung, diharapkan terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman pelajar, orang tua, maupun komunitas sekolah mengenai layanan keuangan khususnya tabungan. Peluncuran Simpel juga mendukung inisiatif OJK di bidang literasi keuangan yang mengenalkan dan mengajarkan materi mengenai OJK serta industri jasa keuangan kepada pelajar SMA, SMP, dan selanjutnya akan dilakukan kepada pelajar SD. Dengan demikian, pelajar dapat langsung praktik menabung di bank.

"Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit"

Itulah pepatah yang tentunya diajarkan oleh guru kepada pelajar. Fitur-fitur dasar produk Simpel/Simpel iB didesain sejalan dengan pepatah tersebut dan tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan pelajar. Misalnya, pelajar dapat menabung dengan melakukan setoran awal Rp1.000,00 untuk Simpel iB atau Rp5.000,00 untuk Simpel. Sementara setoran selanjutnya dapat dilakukan mulai dari Rp1.000,00 dan tidak terdapat batas maksimum menabung. Kemudian, Simpel tidak mengenakan biaya administrasi sehingga pelajar tidak perlu lagi enggan atau malu untuk menabung di bank karena uangnya tidak cukup banyak dan tidak perlu takut uangnya "terkikis" oleh biaya administrasi bank. Namun demikian, Simpel akan mengenakan biaya penalti sebesar Rp1.000,00 apabila pelajar tidak menggunakannya untuk menabung atau "dormant" sebagai pacuan bagi pelajar untuk rajin menabung. 

Hingga artikel ini dipublikasikan, telah terdapat 8 bank umum syariah yang menjadi peserta  dalam program Simpel iB yaitu Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, Bank BJB Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Victoria Syariah, dan Panin Bank Syariah.

Rating

Senang
20%
Puas
0%
Menginspirasi
80%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 11 Juni 2020

Selengkapnya >>

v

Berita Terpopuler

OJK Segera Luncurkan Nomor "Contact Center" Baru 157
Baca selengkapnya >>
OJK Keluarkan 35 Kebijakan untuk Mendorong Perekonomian Nasional
Baca selengkapnya >>
Himbauan Waspadai Penawaran Investasi 73 Entitas Tanpa Izin
Baca selengkapnya >>
OJK Memberdayakan UMKM Melalui Literasi dan Inklusi Keuangan
Baca selengkapnya >>
PELAKU Dorong UMKM
Baca selengkapnya >>

Berita Terbaru

Kompetisi Vlog SimPel
Baca selengkapnya >>
Satgas Buka "Warung Waspada Investasi"
Baca selengkapnya >>
BULAN INKLUSI KEUANGAN, OJK CANANGKAN SINERGI AKSI INDONESIA MENABUNG
Baca selengkapnya >>
Aksimuda 2019 - Menabung Untuk Semua
Baca selengkapnya >>
AkSiMuda 2019
Baca selengkapnya >>