Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Investasi > Jenis Investasi > Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK) > Rekomendasi Investasi 2024 untuk Sobat Cuan

Share

REKOMENDASI INVESTASI 2024 UNTUK SOBAT CUAN

Artikel: Kamis, 18 Januari 2024




Kondisi pasar dan ekonomi global maupun domestik sepanjang tahun 2023 banyak mengalami gejolak dan kejutan, namun hal ini tidak menghalangi perkembangan positif di sektor pasar modal. Perkembangan ini dapat tercermin dari minat berinvestasi masyarakat yang terus meningkat meski dihadapkan dengan berbagai tantangan serta situasi ekonomi. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, investor pasar modal yang terdiri dari investor saham, obligasi, dan reksa dana meningkat 1,85 juta investor menjadi 12,16 juta investor. Sementara itu, khusus untuk investor saham, terdapat peningkatan 811 ribu investor saham menjadi 5,25 juta investor saham. Artinya semakin banyak masyarakat yang terinklusi menjadi investor pasar modal Indonesia. Apakah Sobat merupakan salah satu investor pasar modal?

Bagi Sobat yang telah menjadi investor pasar modal di tahun 2023, yuk lanjutkan perjalanan investasi Sobat secara konsisten agar mampu mencapai merdeka finansial. Untuk Sobat yang belum mulai berinvestasi, saatnya menjadikan momen awal tahun sebagai resolusi meningkatkan keahlian dalam hal mengelola keuangan melalui investasi di pasar modal. Di tahun 2024, kondisi ekonomi diprediksi akan menjadi lebih baik karena suku bunga acuan berpotensi turun, inflasi yang terkendali dan turunnya harga komoditas, serta transisi tahun politik diharapkan dapat menjadi katalis pertumbuhan ekonomi lebih meningkat. Nah sebagai panduan berikut adalah rekomendasi investasi pasar modal tahun 2024 versi Sikapi Uangmu:

Instrumen investasi saham berpotensi memberikan keuntungan dilihat dari potensi pertumbuhan laba emiten dan makroekonomi Indonesia tahun 2024. Di lihat dari data historis pasar modal, tahun politik juga memberikan potensi keuntungan khususnya dari saham-saham perusahaan yang bergerak di sektor finansial, konsumen, dan media. Oleh karena itu, Sobat dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi saham di tahun 2024.

Reksa dana tetap dapat jadi pilihan investasi di tahun 2024. Tentunya pilih jenis reksa dana sesuai dengan masing-masing profil risiko dan jangka waktu investasi Sobat. Reksa dana indeks maupun saham bisa menjadi pilihan, terutama bagi investor yang memiliki tujuan jangka panjang. Reksa dana pendapatan tetap juga berpotensi menguntungkan karena ada tren penurunan suku bunga acuan, cocok bagi investor moderat. Selain itu, reksa dana pasar uang diprediksi akan stabil di tahun 2024. Bagi Sobat yang ingin melakukan strategi wait and see, dapat memanfaatkan instrumen reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap untuk berinvestasi jangka pendek sembari menunggu momen yang tepat untuk mulai melakukan diversifikasi investasi di saham.

Obligasi diprediksi cocok sebagai sasaran investasi di tahun 2024 karena dorongan untuk mendiversifikasi risiko. Obligasi sebagai instrumen berpendapatan tetap (fixed income) layak menjadi pilihan bagi investor yang sensitif terhadap sentimen pasar dan fluktuasi kondisi ekonomi di tahun politik. Salah satu pilihan obligasi yang paling aman adalah obligasi yang diterbitkan pemerintah. Di tahun ini Kementerian Keuangan akan kembali menerbitkan beberapa obligasi pemerintah seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), Sukuk Tabungan (ST), Saving Bonds Ritel (SBR), dan Cash Waqf Link Sukuk (CWLS). Bagi Sobat yang ingin melakukan diversifikasi risiko dan berinvestasi dalam jangka menengah dapat mempertimbangkan obligasi pemerintah. Pantau terus masa penawarannya melalui situs resmi Kementerian Keuangan.

Itulah rekomendasi investasi pasar modal tahun 2024 versi Sikapi Uangmu. Jangan lupa lakukan analisis fundamental, pelajari prospektus instrumen investasi yang Sobat pilih, dan ingat selalu prinsip Legal dan Logis. Yuk jadi investor di pasar modal!

Referensi

https://www.idx.co.id/en/news/press-release/2080

https://www.bareksa.com/berita/tag/outlook-2024

Rating

Senang
58%
Puas
17%
Menginspirasi
14%
Tidak Peduli
11%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

Harga Emas Naik Turun, Apa Penyebabnya?
Baca selengkapnya >>
PENYEBAB NAIK TURUN HARGA SAHAM SUATU PERUSAHAAN
Baca selengkapnya >>
Mengenal Candlestick, Rambu-rambu Saham untuk Investor
Baca selengkapnya >>
Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar Modal
Baca selengkapnya >>
INVESTASI SAHAM JUGA HARUS PUNYA STRATEGI DONG! YUK, BAGI INVESTOR PEMULA SIMAK ARTIKEL BERIKUT INI!
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Rekomendasi Investasi 2024 untuk Sobat Cuan
Baca selengkapnya >>
Mengenal Reksa Dana Terproteksi: Mekanisme, Karakteristik, dan Risiko
Baca selengkapnya >>
Saham Blue Chip dan Saham Dividen, Dua Jenis Saham yang Cocok untuk Investor Konservatif
Baca selengkapnya >>
Investor Ritel vs Investor Institusional? Kenali Perbedaannya
Baca selengkapnya >>
Investasi Jangka Panjang Optimalkan Compound Interest
Baca selengkapnya >>