Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Cara Merencanakan Keuangan > Tips Anti Boros Manfaatkan Dompet Elektronik

Share

TIPS ANTI BOROS MANFAATKAN DOMPET ELEKTRONIK

Artikel: Kamis, 17 November 2022


Transaksi keuangan semakin mudah dilakukan berkat kehadiran e-wallet atau dompet elektronik (dompel). Seperti uang tunai, dompel bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk melakukan transaksi keuangan seperti membayar listrik, pulsa, pembelian barang dan jasa pada merchant online/e-commerce, dan sekarang sudah banyak pula merchant offline yang menerima pembayaran melalui dompel. Yuk simak beberapa manfaat dari dompel.

Manfaat yang pertama adalah transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis, jadi tidak perlu khawatir jika Sobat tidak membawa dompet atau tidak ada uang kembalian dalam bertransaksi. Selain itu, transaksi keuangan juga menjadi lebih aman karena dilengkapi oleh kode PIN dan juga OTP aplikasi, jadi tidak perlu takut uang hilang atau rusak dan terhindar dari risiko uang palsu. Manfaat yang ketiga adalah memiliki riwayat transaksi yang dapat dicek secara berkala, Sobat juga bisa menerapkan notifikasi agar lebih mudah untuk memantau transaksi keuangan dompel. Selanjutnya., yang tidak kalah menarik adalah adanya promo dan cash back yang ditawarkan penyedia jasa dompel. Menarik bukan?

Meskipun dompel memiliki banyak manfaat, Sobat perlu bijak dalam menggunakan dompel. Pasalnya banyak sekali orang yang terjebak dalam perilaku konsumtif dan boros akibat terlalu sering memanfaatkan dompel. Yuk perbaiki pemahaman Sobat! Ingat saldo dompel sama seperti uang tunai sehingga perlu diatur dengan bijak, simak tips berikut ini!

Tetapkan budget dompel dengan membatasi top up saldo dan monitoring pengeluaran dompel secara berkala. Misalnya saat gajian Sobat melakukan top up dompel sebesar 1juta rupiah untuk transportasi dan makanan. Pastikan saldo ini cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan, jadi jangan dipakai untuk kebutuhan lain ya. Selanjutnya, lakukan monitoring pengeluaran secara berkala jika saldo menipis perlu berhemat dan hindari melakukan top up saldo yang melebihi budget yang telah ditetapkan.

Tips selanjutnya adalah lakukan transaksi sesuai kebutuhan & prioritas keuangan serta manfaatkan cashback/promo agar lebih hemat. Misalnya ada promo menarik nih… ingat selalu prioritas keuangan Sobat. Jika promosi tersebut untuk naik ojol atau membeli barang kebutuhan, maka tidak ada salahnya memanfaatkan promo supaya lebih hemat. Namun jika promo tersebut untuk makanan viral atau pembelian barang yang tidak terlalu penting, lebih baik dipikir-pikir dulu supaya tidak impulsif.

Tidak hanya untuk belanja, saldo dompel juga bisa dimanfaatkan untuk membayar produk keuangan. Saat ini penyelenggara dompel telah bekerja sama dengan perusahaan jasa keuangan sehingga, dompel bisa dimanfaatkan untuk membayar premi asuransi, pembayaran cicilan, maupun membeli produk investasi berupa reksa dana dan emas. Dengan memanfaatkan dompel, transaksi produk keuangan akan lebih mudah, dan Sobat bisa mengalihkan kebiasaan jajan dengan membeli produk keuangan.

Menurut Studi Eastspring (2019) disebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia mengonsumsi tiga puluh enam gelas boba dalam satu tahun. Jika Sobat memesan minuman boba secara online dan menghabiskan Rp50.000 artinya Sobat menghabiskan saldo dompel sebesar Rp1.800.000 selama setahun. Wah banyak juga ya? Padahal dengan uang tersebut Sobat bisa loh berinvestasi agar uang yang Sobat miliki mendapat peluang imbal hasil. Yuk kita simulasikan pembelian produk investasi dengan saldo tersebut.

Saham. Sobat dapat membeli saham blue chip yaitu saham yang memiliki reputasi fundamental keuangan yang bagus dan laba relatif stabil. Dengan membeli saham blue chip Sobat berpeluang mendapatkan imbal hasil dari saldo e-wallet yang Sobat investasikan. Misalnya saham blue chip seharga Rp6.000/lembar, maka dengan saldo e-wallet sebesar Rp1.800.000 Sobat bisa mendapatkan 300 lembar atau 3 lot saham.

Emas. Sobat dapat membeli emas, produk ini relatif memiliki harga stabil dan berpeluang meningkat di masa depan. Dengan membeli emas Sobat berpeluang mendapatkan imbal hasil dari saldo e-wallet yang Sobat investasikan. Misalnya emas seharga Rp900.000/gram, maka dengan saldo e-wallet sebesar Rp1.800.000 Sobat bisa mendapatkan 2 gram emas.

Reksa Dana. Sobat dapat membeli reksa dana yang memiliki risiko lebih rendah daripada saham. Dengan saldo e-wallet sebesar Rp1.800.000 Sobat bisa melakukan top up reksa dana sebesar Rp1.800.000 dan berpeluang mendapatkan imbal hasil dari saldo e-wallet yang Sobat investasikan.

Itulah penjelasan singkat mengenai tips perencanaan keuangan dalam memanfaatkan dompet digital atau e-wallet. Sekarang sudah paham kan? Jadi jangan boros lagi ya Sobat!

 

Referensi

https://www.cermati.com/artikel/7-tips-mengelola-dompet-digital-anti-boros-cocok-untuk-anak-kos

https://blog.skillacademy.com/apa-itu-e-wallet#:~:text=E%2Dwallet%20merupakan%20dompet%20digital,rekening%20bank%20atau%20tarik%20tunai.

https://xdana.com/artikel/investasi-mudah-dan-aman-pakai-dompet-digital-yuk-coba/

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Bermain dan Belajar Literasi Keuangan Bersama Anak
Baca selengkapnya >>
Mengenal Bahaya Judi Online! Mending Investasi yang Aman
Baca selengkapnya >>
Waspada Modus Penipuan (Fraudster)! Cegah dengan Jaga Data Pribadi
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Keuangan yang Sehat dengan Literasi Keuangan Digital
Baca selengkapnya >>
Cara Gampang Nabung Buat Liburan Seru Tanpa Bikin Kantong Jebol!
Baca selengkapnya >>