Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Berbenah Keuangan Pasca Lebaran dan Cuti Bersama

Share

BERBENAH KEUANGAN PASCA LEBARAN DAN CUTI BERSAMA

Artikel: Kamis, 27 April 2023


Tidak terasa cuti bersama libur lebaran telah usai. Saatnya kembali ke perantauan, bekerja mencari pundi-pundi untuk mengisi dompet. Sebelum kembali sibuk bekerja jangan lupa evaluasi keuangan Sobat. Kira-kira “kekhilafan” keuangan apa yang Sobat lakukan di bulan Ramadan? Jangan sampai perilaku keuangan yang buruk membebani keuangan Sobat ya. Ibaratnya jika ingin mengisi tabung dengan air, Sobat perlu memastikan tabung yang Sobat gunakan tidak bocor, kalo bocor kan akan sia-sia. Nah dalam hal keuangan juga penting untuk memastikan kondisi keuangan Sobat pasca Ramadan dan cuti bersama lebaran. Yuk ikuti tips berbenah keuangan pasca lebaran dan cuti bersama berikut ini:

1.       Periksa catatan keuangan selama Ramadan dan liburan.

Siapa yang pengeluarannya bertambah karena mudik lebaran? Sudah menjadi hal lumrah jika pengeluaran lebaran bertambah karena adanya pengeluaran tambahan untuk membayar zakat, tiket mudik, liburan, atau oleh-oleh/hampers. Periksa kembali catatan pengeluaran Sobat. Apakah sudah sesuai dengan dana yang dianggarkan? Jika Sobat mampu berhemat realisasi pengeluarannya tentu lebih rendah dari anggaran atau THR (Tunjangan Hari Raya) yang dimiliki. Nah Sobat bisa memanfaatkan sisa dana tersebut untuk ditabung atau diinvestasikan. Sebaliknya jika pengeluaran Sobat lebih besar dari dana yang dianggarkan, Sobat perlu mengecek kembali keuangan Sobat. Apakah ada utang atau tabungan yang terpakai untuk menutup kekurangan tersebut? Ini perlu Sobat cek dan perbaiki ya.

2.       Jika memiliki utang apalagi paylater, segera lunasi agar tidak menumpuk.

Memanfaatkan paylater atau produk pinjaman untuk berbelanja memang mudah,  tapi perlu diingat ada bunga  dan biaya yang perlu dibayarkan. Agar utang tidak membebani keuangan Sobat, segera lunasi utang tersebut tentunya dengan menghindari kebiasaan “gali lubang tutup lubang”.

3.       Batasi pengeluaran harian, untuk memperbaiki cash flow keuangan.

Pengeluaran tambahan dan utang membuat cash flow Sobat tidak lancar, untuk memperbaikinya Sobat perlu berhemat. Buat anggaran kebutuhan pokok berdasarkan skala prioritas, sesuaikan dengan dana yang dimiliki dan hindari menambah utang.

4.       Konsisten menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan masa depan.

Saat liburan lebaran mungkin Sobat terpaksa mencairkan tabungan karena THR yang dimiliki tidak mencukupi kebutuhan lebaran. Jangan menjadikan ini sebagai kebiasaan ya Sobat, nanti tabungan Sobat untuk keperluan masa depan bisa habis tidak tersisa. Untuk itu Sobat perlu konsisten menabung dan berinvestasi, menyisihkan dana bonus dan THR untuk menabung akan lebih bermanfaat dibanding mengambil tabungan untuk biaya libur lebaran.

5.       Pertahankan kebiasaan baik di bulan Ramadan seperti hemat dan bersedekah.

Selama bulan Ramadan, pasti ada hal baik yang Sobat lakukan. Misalnya membeli makanan secukupnya yang lebih hemat atau rutin bersedekah dari penghasilan yang telah disisihkan. Meski bulan Ramadan telah berlalu, kebiasaan baik seperti ini tentu perlu dipertahankan.

Itulah tips berbenah keuangan dari Sikapiuangmu. Setelah satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadan, ayo mulai kebiasaan baik secara konsisten seperti mengelola keuangan dengan baik. Dengan memiliki kebiasaan keuangan yang baik, tentu dompet Sobat akan terisi kembali. Tetap semangat kembali bekerja Sobat Sikapi!

Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10504

https://www.manulife.co.id/id/artikel/berbenah-keuangan-pasca-lebaran.html

Rating

Senang
80%
Puas
20%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>
Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan
Baca selengkapnya >>
Pengelolaan Keuangan Tahun Baru: Resolusi dan Tips ala Keluarga Sikapi
Baca selengkapnya >>
Ibu, Sang Pahlawan Keuangan Keluarga
Baca selengkapnya >>
Belanja Harbolnas? Cari Tahu Metode Pembayaran di E-Commerce
Baca selengkapnya >>