Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Aset Properti: Hunian Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Share

ASET PROPERTI: HUNIAN SEKALIGUS INVESTASI JANGKA PANJANG

Artikel: Kamis, 2 November 2023


Memiliki harta atau aset adalah salah satu aspek penting dalam perencanaan keuangan. Tujuan dari memiliki harta bukan untuk pamer loh! Tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini maupun sebagai simpanan aset untuk masa depan. Selain mengumpulkan harta dalam bentuk aset keuangan, sebagian besar masyarakat menjadikan aset properti sebagai prioritas. Hal ini berkaitan dengan fungsi properti, dengan memiliki aset properti Sobat dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup berupa ‘papan’ atau tempat tinggal. Selain itu aset properti juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang, dimana Sobat bisa mendapatkan cuan dari aset ini.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari investasi berupa aset properti:

1.       Bisa digunakan sebagai tempat tinggal atau tempat usaha

Aset properti memiliki fleksibilitas penggunaan selain digunakan untuk tempat tinggal juga dapat dijadikan tempat usaha. Bagi Sobat yang berencana untuk membangun bisnis, aset properti bisa menjadi modal usaha sebagai toko atau lokasi produksi. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola bisnis, Sobat juga bisa menjadikan aset properti sebagai sumber pendapatan pasif dengan membuka jasa sewa properti (ruko, kontrakan, kost, dll).

2.       Berpeluang menghasilkan capital gain

Sudah menjadi informasi umum bahwa harga tanah dan bangunan mengalami tren naik. Sobat bisa mendapatkan capital gain dari selisih antara harga jual dan harga beli aset properti yang Sobat miliki. Meskipun begitu kenaikan tersebut membutuhkan waktu lama, sehingga investasi dalam bentuk aset properti perlu dilakukan dalam jangka panjang.

3.       Bisa dijadikan agunan

Kepemilikan properti dapat meningkatkan reputasi saat mengajukan kredit, karena aset berupa properti dapat dijadikan sebagai agunan pinjaman. Beberapa pinjaman dari bank maupun lembaga pembiayaan mensyaratkan agunan, oleh karena itu aset berupa properti bisa sangat membantu dalam mengajukan kredit. Meskipun begitu Sobat perlu cermat dalam mengajukan kredit beragunan properti agar terhindar dari penyitaan aset properti saat terjadi gagal bayar.

Selain tiga kelebihan di atas, Sobat juga perlu mengenali kekurangan dari investasi berupa aset properti. Pertama adalah sifat non-likuid yakni tidak mudah untuk diperjual belikan. Jual beli aset properti umumnya melalui proses negosiasi dan administrasi yang panjang sehingga membutuhkan waktu. Jadi, pastikan Sobat membeli aset properti dengan dana yang tidak digunakan untuk kebutuhan dalam jangka pendek maupun menengah. Selain itu untuk memiliki aset properti membutuhkan modal yang relatif besar. Oleh karena itu, pemilihan investasi aset properti bagi investor pemula perlu perencanaan yang matang agar tidak salah langkah.

Jika Sobat memiliki keinginan untuk menjadi investor pemula, masih banyak alternatif instrumen investasi lainnya yang bisa Sobat coba. Sebagai investor pemula, alangkah baiknya jika Sobat berinvestasi dengan perlahan sesuai dengan profil risiko. Dalam hal ini aset keuangan lebih cocok dijadikan sebagai pilihan investasi. Aset keuangan memiliki banyak pilihan produk, seperti obligasi, reksa dana, dan saham yang dapat Sobat pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan keuangan Sobat. Nah jika dana yang terkumpul di aset keuangan sudah mencukupi, barulah Sobat bisa beralih berinvestasi dengan aset lain seperti aset properti. Selain membeli aset properti secara tunai, Sobat juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. Produk ini cocok bagi Sobat yang ingin memiliki rumah pertama namun terkendala dengan biaya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai KPR Sobat bisa membaca artikel Sikapiuangmu.

Itulah penjelasan mengenai aset properti sebagai hunian sekaligus pilihan investasi jangka panjang. Untuk Sobat Sikapi tetap semangat merencanakan keuangan agar mampu mewujudukan hunian impian dan memiliki aset jangka panjang.

Referensi:

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/investasi/kenali-3-kelebihan-dari-investasi-tanah-dan-properti

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Category/47

Rating

Senang
50%
Puas
50%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Bermain dan Belajar Literasi Keuangan Bersama Anak
Baca selengkapnya >>
Mengenal Bahaya Judi Online! Mending Investasi yang Aman
Baca selengkapnya >>
Waspada Modus Penipuan (Fraudster)! Cegah dengan Jaga Data Pribadi
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Keuangan yang Sehat dengan Literasi Keuangan Digital
Baca selengkapnya >>
Cara Gampang Nabung Buat Liburan Seru Tanpa Bikin Kantong Jebol!
Baca selengkapnya >>