Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Cerdas Manfaatkan AI Agar Keuangan Tetap Sehat

Share

CERDAS MANFAATKAN AI AGAR KEUANGAN TETAP SEHAT

Artikel: Kamis, 16 November 2023


Sobat suka menggunakan filter AI? Eits AI tidak hanya bisa digunakan untuk membuat konten kreatif, lebih dari itu AI dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan termasuk di sektor keuangan. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi di bidang ilmu komputer yang memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan masalah dengan kecerdasan yang dianggap menyaingi kemampuan kognitif manusia. Contoh penerapan AI diantaranya adalah Chat GPT, Chatbot, dan Asisten Virtual yang dapat digunakan untuk membantu Sobat mencari dan menganalisis informasi sehingga mempermudah pengambilan keputusan. Di sektor keuangan AI dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan dan mengolah informasi keuangan loh! Misalnya untuk melakukan analisis risiko dalam pengambilan keputusan kredit atau investasi. Pemanfaatan teknologi AI di sektor keuangan diantaranya chatbot sebagai customer service yang dapat memberikan layanan konsultansi keuangan, adapula robo advisor yang akan memberikan analisis keputusan investasi di pasar modal, dan tentunya banyak sekali tips keuangan yang bisa Sobat dapatkan melalui ChatGPT.

Meskipun banyak sekali fitur dan manfaat dari AI, perlu diingat bahwa setiap keputusan keuangan yang Sobat ambil menjadi tanggung jawab Sobat. Oleh karena itu, Sobat perlu bijak dalam mengelola informasi yang didapatkan dan perlu diingat risiko yang bisa muncul. Salah satu risiko yang bisa muncul di era pemanfaatan AI adalah kejahatan siber. Berikut beberapa kejahatan siber yang perlu Sobat waspadai:

Deepfake yaitu rekayasa foto/video/suara yang dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi bohong/hoax dengan menyamar sebagai tokoh terpercaya. Contohnya, modus meminta uang dengan memanfaatkan video/suara tokoh yang dikenal, tujuannya agar orang lain percaya dan bersedia mengirimkan sejumlah dana. Padahal hal tersebut merupakan bentuk penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Tidak hanya modus meminta uang, oknum juga dapat meminta data pribadi atau menyebarkan informasi bohong yang merugikan korban. Oleh karena itu, Sobat perlu lebih berhati-hati dalam menerima informasi, lakukan pengecekan kredibilitas sumber informasi, dan konfirmasi kepada pihak yang terpercaya.

Phising yaitu kejahatan digital untuk mencuri informasi pribadi melalui email atau chat palsu. Contoh modus penyebaran promo melalui media sosial, oknum akan menyampaikan informasi menarik yang ternyata adalah jebakan phising. Untuk terhindar dari modus kejahatan ini, lagi-lagi Sobat perlu berhati-hati dalam menerima informasi, jangan mudah percaya dengan promo menarik. Lakukan pengecekan kredibilitas sumber informasi dan konfirmasi kepada pihak yang terpercaya.

Doxing yaitu penyebaran informasi pribadi tanpa persetujuan biasanya dilakukan melalui media internet dengan tujuan mengintimidasi korban. Contoh modus doxing adalah pemerasan uang dengan intimidasi berupa penyebaran foto. Untuk terhindar dari modus kejahatan ini, berhati-hati dalam menyebarkan informasi pribadi dan batasi akses aplikasi. Misalnya untuk aplikasi pinjaman online hanya boleh mengakses Camera Mikrofon dan Location atau CAMILAN. Jangan sampai Sobat memberikan akses galeri atau seluruh memori yang berisiko pihak lain mencuri informasi pribadi Sobat.


Selain ketiga modus kejahatan siber di atas, ada pula risiko AI yang perlu Sobat waspadai yaitu algoritma. Pernahkah Sobat mendapatkan banyak iklan atau rekomendasi produk menarik di media sosial atau e-commerce? Misalnya, Sobat suka mencari atau likes konten olahraga marathon kemungkinan akan mendapatkan rekomendasi iklan sepatu, minuman isotonic atau iklan event marathon dll. Dalam hal ini, algoritma sedang menyajikan iklan dan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan preferensi Sobat. Apabila tidak disikapi dengan bijak, algoritma dan berbagai rekomendasi iklan tersebut bisa mendorong kebiasaan belanja impulsif dan boros. Hal ini tentu saja bisa mejadi kebiasaan buruk, karena barang-barang yang dibeli sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan menyebabkan berkurangnya tabungan di rekening, bahkan bisa menimpulkan utang konsumtif apabila kita tidak mampu membayar tunai.

Meskipun setiap iklan terlihat menarik dan sesuai dengan minat Sobat, Sobat perlu menghindari belanja impulsif dengan memahami kebutuhan dan keinginan, dan belanja sesuai dengan kemampuan keuangan. Sobat juga dapat menetapkan batasan alokasi dana untuk berbelanja daring dan waktu bermain media sosial.

Itulah penjelasan mengenai AI dan tips menghadapi AI. Di era yang semakin digital Sobat perlu terus beradaptasi dan belajar keuangan digital agar keuangan tetap sehat dan sejahtera. Yuk belajar literasi keuangan digital!

 

Referensi

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jakarta/baca-artikel/16291/Artificial-Intelligence-AI-Pembantu-Pekerjaan-Manusia.html

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-purwakarta/baca-artikel/14851/Waspada-Kehajatan-Phising-Mengintai-Anda.html

https://www.itworks.id/63086/tak-hanya-menangkal-ai-juga-bisa-jadi-kejahatan-siber.html

Rating

Senang
100%
Puas
0%
Menginspirasi
0%
Tidak Peduli
0%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Bermain dan Belajar Literasi Keuangan Bersama Anak
Baca selengkapnya >>
Mengenal Bahaya Judi Online! Mending Investasi yang Aman
Baca selengkapnya >>
Waspada Modus Penipuan (Fraudster)! Cegah dengan Jaga Data Pribadi
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Keuangan yang Sehat dengan Literasi Keuangan Digital
Baca selengkapnya >>
Cara Gampang Nabung Buat Liburan Seru Tanpa Bikin Kantong Jebol!
Baca selengkapnya >>