Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Uang Bikin Cinta Berantakan? Hindari Perilaku Toksik Keuangan Pasangan

Share

UANG BIKIN CINTA BERANTAKAN? HINDARI PERILAKU TOKSIK KEUANGAN PASANGAN

Artikel: Kamis, 15 Februari 2024

 Perkara split bill dating memang sederhana, tapi tahukah Sobat? Hal ini sering menjadi sumber pertengkaran dalam hubungan. Selain split bill, masalah keuangan dalam hubungan juga dapat terjadi karena utang menumpuk, hingga ketidakseimbangan dalam alokasi keuangan. Nah, artikel kali ini akan membahas tanda-tanda pola perilaku toksik keuangan pasangan dan juga tips untuk mengatasinya. Yuk, kita kenali pola perilaku toksik keuangan pasangan agar hubungan percintaanmu tidak berantakan!

1.     Tidak Transparan dalam keuangan

Ketika salah satu pasangan menyembunyikan transaksi keuangan, seperti membeli barang mewah atau mengajukan pinjaman tanpa persetujuan pasangan, hal ini dapat menciptakan rasa curiga dalam hubungan. Oleh karena itu, penting bagi pasangan untuk saling berkomunikasi, membangun kepercayaan, dan membuat keputusan keuangan bersama agar dapat mencapai tujuan keuangan yang sehat dan hubungan yang harmonis. Ingat! Setiap keputusan keuangan perlu dicapai berdasarkan kesepakatan dan dikomunikasikan secara transparan.

 2.     Tidak Setara dalam Hal Keuangan

Pernahkah Sobat mendengar cerita suami yang membatasi keuangan istri? Misalnya tidak mengalokasikan dana yang cukup untuk kebutuhan hidup, atau menyimpan semua aset keuangan dalam rekening pribadi sehingga istri tidak memiliki akses keuangan. Akibatnya, istri  tidak memiliki kebebasan dalam mengelola keuangan dan kehilangan kemandirian finansial. Pola perilaku seperti ini dapat menciptakan ketidaksetaraan dan merusak kepercayaan dalam hubungan. Ingat, tujuan bersama perlu dicapai dengan kerja sama, dalam hal mencapai tujuan keuangan juga perlu rasa saling percaya dalam berkomunikasi dan berbagi tugas. Misalnya dengan membuat kesepakatan mengenai siapa yang mengelola dana kebutuhan hidup, investasi, dan aset keuangan lainnya. Membangun hubungan yang setara dalam hal keuangan akan membuat pasangan merasa dilibatkan dalam upaya mencapai tujuan bersama.

 3.     Perilaku boros atau Tidak Bertanggung Jawab

Apa yang akan terjadi jika salah satu pasangan cenderung boros? Sementara itu, pasangan lainnya merasa khawatir dan cemas terhadap stabilitas keuangan mereka. Perbedaan pandangan dan perilaku keuangan seperti ini dapat menimbulkan masalah. Ingat kembali! Tujuan bersama perlu dicapai dengan konsistensi kerja sama. Oleh karena itu, pasangan perlu selaras dalam hal menyikapi uang. Susunlah kesepakatan bersama mengenai anggaran dan skala prioritas keuangan, selanjutnya implementasikan secara konsisten dan bertanggung jawab agar tujuan keuangan bersama dapat tercapai.

 Itulah penjelasan mengenai tiga contoh perilaku keuangan toksik yang perlu Sobat hindari. Yuk, jangan biarkan masalah keuangan merusak hubungan Sobat! Dengan mengenali tanda-tanda pola perilaku toksik dalam keuangan bersama, Sobat bisa mengubahnya menjadi hubungan keuangan yang harmonis dan menyenangkan. Bersiaplah untuk memulai perjalanan baru menuju keuangan yang lebih sehat dan menyenangkan bersama pasangan Sobat!

 

Referensi

https://pluang.com/id/blog/resource/tips-finansial-toxic-financialship

https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-5044301/lebih-bahaya-toxic-relationship-atau-toxic-financialship-

https://journal.sociolla.com/lifestyle/hubungan-toxic-financialship

 

Rating

Senang
62%
Puas
12%
Menginspirasi
12%
Tidak Peduli
12%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Dana Darurat: Mengenal Instrumen Keuangan yang Tepat
Baca selengkapnya >>
Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>