Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Tips Keuangan > Artikel Tips Keuangan > Tips Keuangan untuk Hadapi Musim Hujan

Share

TIPS KEUANGAN UNTUK HADAPI MUSIM HUJAN

Judul: Kamis, 9 Februari 2023




Hujan bisa jadi ujian bagi para pencari cuan, apalagi jika banyak pengeluaran bertambah. Seringkali banyak kebutuhan tambahan yang diperlukan saat musim hujan datang, jika tidak diantisipasi bisa membuat keuangan Sobat boros dan tidak terkendali. Namun Sobat tidak perlu khawatir, hal ini bisa diantisipasi dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik. Kira-kira apa saja pengeluaran yang perlu diantisipasi selama musim hujan? Yuk kita simak beberapa pengeluaran di musim hujan beserta tipsnya

·       Biaya Transportasi

Di musim hujan, kendaraan seperti mobil sering menjadi alternatif moda transportasi saat berpergian. Namun biaya untuk bensin atau tarif taksi online pasti lebih mahal dibandingkan transportasi publik, motor atau ojek online. Kemacetan yang terjadi di saat hujan juga menyebabkan peak hour sehingga tarif transportasi online menjadi lebih mahal. Hal ini menyebabkan pengeluaran untuk transportasi di musim hujan meningkat. Sebagai tips Sobat bisa mengurangi mobilitas di luar rumah, jika terpaksa harus bepergian Sobat perlu meluangkan waktu lebih awal agar terhindar dari kemacetan dan peak hour.

·       Biaya Laundry dan Cuci Kendaraan

Hujan membuat pakaian dan kendaraan mudah kotor sehingga perlu dicuci segera. Pengeluaran untuk bayar laundry atau car wash pun jadi meningkat. Agar lebih hemat Sobat bisa mencoba untuk mencuci pakaian dan kendaraan di rumah, usahakan memanfaatkan jasa laundry atau car wash hanya saat mendesak.

·       Biaya Perbaikan Kendaraan atau Rumah Rusak

Di musim hujan risiko kendaraan rusak meningkat karena melewati genangan atau banjir.  Rumah juga bisa bocor, misalnya karena rembesan air hujan atau tersambar petir. Kerusakan ini tentu perlu diperbaiki dan bisa menambah pengeluaran Sobat. Sebagai tips Sobat perlu lebih cermat memperhatikan kondisi rumah dan kendaraan Sobat, hindari berkendara melewati banjir. Sobat juga bisa membeli polis asuransi properti atau asuransi kendaraan agar rumah dan kendaraan Sobat terproteksi. Dengan memiliki asuransi, Sobat bisa mengajukan klaim di saat terjadi kerusakan pada rumah atau kendaraan. Selama klaim tersebut tercantum dalam polis asuransi, perusahaan asuransi akan memberikan pergantian dana yang cukup untuk memperbaiki rumah atau kendaraan jadi tidak perlu mengambil dana dari tabungan deh.

·       Biaya dokter dan Vitamin

Musim hujan perlu pengeluaran ekstra untuk menjaga kesehatan misalnya dengan membeli vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, penyakit seperti masuk angin dan flu juga sering terjadi di musim hujan sehingga pengeluaran biaya dokter atau obat-obatan akan meningkat. Sebagai tips, Sobat perlu menerapkan gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit, jangan lupa membeli polis asuransi kesehatan. Saat ini ada beberapa produk asuransi kesehatan yang menawarkan proteksi biaya pengobatan maupun biaya preventif, jadi membeli obat atau vitamin bisa ditanggung perusahaan asuransi deh.

Itulah beberapa pengeluaran di musim hujan yang perlu Sobat antisipasi. Selain mitigasi risiko dengan membeli asuransi seperti asuransi kesehatan, properti, dan kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, Sobat juga perlu membuat alokasi dana darurat. Dana darurat akan sangat berguna untuk keperluan mendesak dan tidak terduga seperti sakit dan perbaikan rumah atau kendaraan. Jadi tidak perlu menggunakan dana tabungan atau mencari pinjaman di saat butuh uang tunai secara mendesak.

Besaran dana darurat ini tergantung jumlah tanggungan dan pola konsumsi kita masing-masing. Untuk yang masih lajang, dana darurat yang dibutuhkan cukup dengan 6 kali jumlah pengeluaran bulanan. Namun bagi yang sudah berkeluarga atau yang memiliki tanggungan, dana darurat yang dibutuhkan setidaknya 9 - 12 kali pengeluaran per bulan. Tips mengumpulkan dana darurat dapat Sobat cek pada artikel berikut ini. Dengan memiliki dana darurat yang memadai hidup menjadi lebih tenang. Yuk rencanakan keuangan Sobat dengan bijak supaya kita siap menghadapi hujan, badai, dan segala rintangan alam!

Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20586

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10428

https://www.cekaja.com/info/8-pengeluaran-ekstra-yang-biasa-muncul-di-musim-hujan-siap-siap

Rating

Senang
10%
Puas
17%
Menginspirasi
67%
Tidak Peduli
7%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Dana Darurat: Mengenal Instrumen Keuangan yang Tepat
Baca selengkapnya >>
Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>
Sambut Women’s Month, Nyalakan Potensi Perempuan dalam UMKM
Baca selengkapnya >>