Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Pinjaman > Jenis Kredit Dan Pembiayaan > Kredit Usaha > Modal Usaha untuk Bisnis Bulan Ramadan

Share

MODAL USAHA UNTUK BISNIS BULAN RAMADAN

Artikel: Kamis, 30 Maret 2023


Tahukah Sobat? Bulan Ramadan tidak hanya menjadi ladang pahala tapi juga ladang rezeki. Banyak sekali loh peluang bisnis yang bisa Sobat manfaatkan untuk mulai berbisnis di bulan Ramadan, misalnya membuka usaha katering, takjil, hampers/parsel, kue kering, atau busana muslim. Meskipun, peluang usaha di bulan Ramadan hanya sementara, bisnis musiman ini memiliki potensi keuntungan yang sangat menjanjikan karena daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat secara umum meningkat. Jadi tidak ada salahnya jika Sobat memanfaatkan momen Ramadan untuk mulai berbisnis. Tentunya penghasilan dari bisnis ini bisa menambah pemasukan Sobat, anggap saja untuk memenuhi kebutuhan hari raya.

Lalu bagaimana langkah membangun bisnis di bulan Ramadan? Pada dasarnya tidak ada yang berbeda dengan langkah membangun bisnis diluar bulan Ramadan. Sobat perlu jeli melihat peluang bisnis dan menjual produk yang dibutuhkan oleh target bisnis Sobat. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah permodalan. Agar tidak melewatkan peluang usaha, tentu Sobat perlu memiliki modal yang cukup. Langkah pertama yang perlu Sobat lakukan adalah menghitung kebutuhan usaha serta melakukan proyeksi omzet, dari situ Sobat bisa mengetahui jumlah modal yang Sobat perlukan dan potentsi keuntungan yang bisa Sobat dapatkan. Berikut adalah beberapa sumber modal usaha yang dapat Sobat manfaatkan:

1.       Putar uang tabungan untuk modal usaha

Cara paling mudah adalah menggunakan tabungan yang Sobat miliki. Kelebihan dari modal tabungan adalah tidak perlu mengajukan pinjaman/berutang, sehingga keuangan usaha lebih mudah dikelola. Namun modal tabungan juga memiliki kekurangan seperti jumlahnya sangat terbatas dan bergantung dengan kemampuan Sobat dalam menabung. Jika menggunakan tabungan sebagai sumber modal usaha, Sobat harus memastikan tabungan tersebut tidak diperlukan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari atau dana darurat. Pastikan dana untuk usaha dan keuangan pribadi terpisah ya.

2.       Gadai barang berharga melalui Pergadaian

Mengingat usaha bulan Ramadan bersifat musiman dan singkat, gadai barang dengan memanfaatkan kredit gadai di Pergadaian bisa jadi pilihan. Kredit gadai memiliki kelebihan seperti bunga yang terjangkau dan durasi pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kekurangannya adalah plafon pinjaman terbatas, bergantung dengan agunan yang Sobat gunakan. Jika menggunakan kredit gadai sebagai sumber modal usaha, Sobat harus membayar cicilan kredit secara disiplin karena agunan berisiko dilelang jika terjadi wanprestasi.

3.       Memanfaatkan produk pinjaman melalui bank, perusahaan pembiayaan, fintech pendanaan bersama atau lembaga keuangan mikro

Ada berbagai produk pinjaman yang bisa Sobat manfaatkan sebagai modal usaha, baik berupa kredit tanpa agunan maupun kredit dengan agunan. Produk ini ditawarkan oleh bank, perusahaan pembiayaan, fintech pendanaan bersama atau lembaga keuangan mikro. Pinjaman ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah plafon pinjaman relatif lebih besar dibandingkan kredit gadai dan bisa diajukan dalam jangka panjang. Mekanisme pinjaman bisa berbeda untuk setiap perusahaan, tapi secara umum pinjaman ini memiliki biaya dan prosedur yang lebih kompleks dibandingkan kredit gadai. Jika Sobat menggunakan produk pinjaman, pastikan Sobat memahami fitur produk dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan Sobat dalam melunasi pinjaman.

Tips bagi Sobat yang ingin mengajukan pinjaman sebagai modal usaha:

·       Perhatikan syarat yang dibutuhkan seperti dokumen dan perizinan usaha

·       Cek riwayat kredit melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), pastikan Sobat memiliki riwayat kredit yang baik

·       Tentukan jumlah dan tenor pinjaman, lalu sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan Sobat dalam melunasi pinjaman

·       Lakukan simulasi perhitungan pinjaman dan omzet usaha, untuk melihat kemampuan Sobat melunasi pinjaman

·       Jika memanfaatkan produk keuangan syariah jangan lupa pelajari akad nya ya

 

Saat ini Sobat juga bisa mempertimbangkan produk pinjaman atau kredit gadai yang berbasis syariah sebagai sumber modal usaha agar usaha di bulan Ramadan semakin berkah. Itulah penjelasan singkat mengenai sumber modal usaha dan tips berbisnis di bulan Ramadan. Sobat Sikapi, yuk kita isi Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat, sampai jumpa di artikel Sikapi edisi Ramadan selanjutnya!

 

Referensi

https://www.cekaja.com/info/cek-6-cara-dapatkan-modal-untuk-bisnis-musiman-ramadan

https://www.okbank.co.id/id/information/news/cara-mengajukan-pinjaman-ke-bank-agar-mudah-disetujui

Rating

Senang
83%
Puas
7%
Menginspirasi
7%
Tidak Peduli
3%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

DOMPET AMAN, HATI TENANG DENGAN GADAI SYARIAH
Baca selengkapnya >>
Mau Punya Kartu Kredit? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut
Baca selengkapnya >>
Mengenal Lembaga Jasa Keuangan Khusus: PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)
Baca selengkapnya >>
Hati-hati Developer Rumah Bodong, Ini Tips Amannya!
Baca selengkapnya >>
Mengenal Kejahatan Carding dan Antisipasinya
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Pinjam Dana di Fintech? Kenali Layanan Pendanaan Produktif dan Konsumtif
Baca selengkapnya >>
Sobat, Begini Alur Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor
Baca selengkapnya >>
Sepele! Tapi Bisa Bikin Pengajuan Kredit/Pembiayaan Ditolak
Baca selengkapnya >>
Wujudkan Resolusi Rumah Impian Melalui KPR
Baca selengkapnya >>
Apa itu Limit Kredit dalam Kartu Kredit dan Paylater?
Baca selengkapnya >>