Kontak | Indonesia | English | Masuk

Beranda > Keuanganku > Mengelola Keuanganku > Cara Merencanakan Keuangan > Hidup Dengan Gaji Yang Dimiliki

Share

HIDUP DENGAN GAJI YANG DIMILIKI




 

Ramai-ramai ngomongin gaji. Berapa sih gaji yang layak untuk usia sekian di kota X?

Sebenarnya gak ada jawaban pasti, karena kebutuhan, tujuan, gaya hidup, dan lainnya bagi tiap orang berbeda-beda dan gak bisa disamakan.

Berapapun gaji yang Sobat dapatkan kamu harus selalu bersyukur dan hiduplah sesuai kemampuan. Kalau kata Kristin Wong dalam bukunya, “live the life you can afford, not the life you wish you can afford”. Jangan memaksakan diri untuk hidup atau bergaya diluar kemampuan demi keren semata, kalau memang tetap mau hidup atau bergaya seperti itu berarti kamu harus kerja lebih keras, ambil peluang-peluang yang ada.

Diantara ketidakpastian tadi, ada beberapa hal pasti yang bisa Sobat terapkan untuk mengelola gaji berapapun yang Sobat dapatkan. Untuk apa? Tentu saja untuk hidup yang lebih baik dan masa depan sejahtera. Tidak sedikit orang-orang yang memiliki pendapatan besar malah menghadapi masalah atau kesulitan keuangan. Karena ternyata untuk menciptakan hidup yang lebih baik dan masa depan sejahtera bukan seberapa besar gaji yang kita terima setiap bulan, tapi seberapa mahir kita dalam mengelola keuangan. 

Pertama yang bisa Sobat lakukan adalah membuat anggaran tiap bulan. Kedengarannya sepele tapi masih banyak lho yang malas melakukannya, padahal ini merupakan langkah jitu agar pengeluaran kita bisa terkendali. Masih ingat metode 10-20-30-40? Sobat bisa menerapkan metode ini, misalnya 10% dari gaji digunakan untuk biaya kemanusian (seperti zakat dan infak), 20% untuk tabungan, investasi, dan proteksi, 30% digunakan untuk cicilan utang, dan 40% digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, transport, tempat tinggal, dan lainnya. Angka yang dipakai bisa berbeda-beda disesuaikan lagi dengan kemampuan dan kebutuhan Sobat.

Kedua, tentukan tujuan keuangan. Apa tujuan Sobat bekerja? Apa tujuan hidup Sobat yang sebenarnya? Atau untuk jangka pendek misalnya, apa tujuan Sobat menyisihkan gaji tiap bulan di tabungan? Sudah bisa menjawabnya? Tujuan keuangan tiap orang itu berbeda-beda, dengan memiliki tujuan keuangan yang baik dan terkonsep dengan baik Sobat akan mampu bertahan hidup di masa depan. Sobat jadi semangat bekerja dan fokus mencapai tujuan itu. Kalau Sobat sungguh-sungguh ingin meraih tujuan itu, Sobat akan lebih bijak menggunakan dana yang dimiliki. Mau senang-senang sesaat atau bersabar meraih tujuan yang kebahagiaannya lebih hakiki?

Ketiga, memiliki proteksi diri. Proteksi ini tidak hanya berupa asuransi namun juga dana darurat. Berapapun gaji yang didapat Sobat wajib punya dana darurat maupun asuransi. Tanpa proteksi yang tepat, ada kemungkinan kita akan mengeluarkan biaya yang besar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau tak terduga. Pilih asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan, jangan sampai Sobat terpengaruh orang lain atau teman sendiri untuk membeli produk asuransi yang ternyata tidak dibutuhkan. Premi bulanan asuransi terasa berat? Sobat bisa memanfaatkan asuransi yang dikeluarkan pemerintah yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Perusahaan-perusahaan pada umumnya juga sudah mengikutsertakan karyawannya pada asuransi ini jadi kita tidak perlu membayar lagi kalaupun harus membayar juga sangat ringan.

Keempat, menabung dan berinvestasi. Menabung yang bijak adalah yang dilakukan diawal waktu atau di hari yang sama saat menerima gaji, dengan begitu Sobat juga melatih kedisiplinan dalam menyisihkan uang. Ingat sisihkan bukan sisakan. Untuk melancarkan niat menabung Sobat bisa memiliki dua atau lebih rekening bank. Contohnya, rekening A digunakan untuk menerima gaji dan kebutuhan sehari-hari, sementara rekening B khusus untuk menabung. Untuk tabungan Sobat bisa menggunakan rekening dengan biaya administrasi bulanan yang rendah serta tidak memiliki fasilitas kartu ATM, jadi gak mudah tergoda untuk ngambilin uangnya. Sementara untuk berinvestasi banyak sekali produk-produk yang dapat Sobat gunakan seperti saham, reksa dana, ORI, SBR, emas, properti, dan sebagainya. Investasi seperti ini biasanya baru memperlihatkan hasil setelah cukup lama karena sebenarnya investasi adalah untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Hati-hati ya Sobat jangan mudah tergiur investasi yang memberikan hasil besar tapi dengan proses yang singkat dan tidak masuk akal. Banyak-banyak bertanya dan mencari informasi, bijaklah memilih investasi. 

Udah gajinya gak seberapa, pemakainnya harus diatur-atur pula, kapan senang-senangnya? Benar, kamu memiliki hak untuk menggunakan uang hasil jerih payahmu demi kesenangan diri sendiri. Hitung-hitung sebagai penghargaan terhadap diri sendiri yang sudah bekerja keras selama satu bulan ini. Hal ini juga bisa membuatmu terus semangat dalam bekerja karena kamu bisa merasakan uang dari hasil keringat sendiri. Namun, yang perlu diingat Sobat harus bisa mengendalikan senang-senang ini. Jangan sampai sedih dan menyesal di kemudian hari.

Berapapun yang didapat jangan lupa bersyukur dan lagi-lagi gak lelah kita ingatkan, hiduplah sesuai kemampuanmu, jangan “maksa”.

 

 

Sumber:

https://www.moneysmart.id/tips-mengelola-gaji-bagi-kaum-milenial-mudah-kok/

https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-4188931/mapan-dengan-gaji-rp-5-jutabulan-1

https://www.cermati.com/artikel/8-cara-cermat-mengatur-gaji-bulanan

Rating

Senang
90%
Puas
0%
Menginspirasi
5%
Tidak Peduli
5%

Daftar Perusahaan Fintech Lending Yang Berizin dan Terdaftar di OJK per 24 Mei 2021

Selengkapnya >>

v

Tips Terpopuler

YAKIN SUDAH KENAL MEKANISME TRANSFER ANTAR BANK?
Baca selengkapnya >>
NGGA MAU PENGAJUAN KREDIT DITOLAK? BACA ARTIKEL INI!
Baca selengkapnya >>
Alat Pembayaran Makin Berkembang, Transaksi Makin Mudah, Makin Bijak Mengelolanya
Baca selengkapnya >>
Terlanjur meminjam kepada rentenir? Ini dia hal-hal yang dapat kamu lakukan!
Baca selengkapnya >>
Menilik Rupa Layanan Jasa Perbankan
Baca selengkapnya >>

Tips Terbaru

Merdeka Belajar Keuangan Bersama LMS Edukasi Keuangan
Baca selengkapnya >>
Dana Darurat: Mengenal Instrumen Keuangan yang Tepat
Baca selengkapnya >>
Konsumen Cerdas, Pahami Tips di Masa Pra, Saat, dan Pasca Bertransaksi
Baca selengkapnya >>
Zakat untuk Hidup Tentram dan Masyarakat Sejahtera
Baca selengkapnya >>
Ramadan Hacks: Tips Hemat dan Berkah untuk Dompet
Baca selengkapnya >>